Cara Memilih Power Bank Sesuai Spek Smartphone

Berikut ini ada beberapa tips memilih power bank yang baik dan berkualitas. Power bank ialah salah satu perangkat yang cukup bermanfaat. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki Smartphone. Smartphone memerlukan daya baterai yang cukup untuk tetap hidup. Apa yang harus kita lalukan ketika akan memilih power bank yang tepat untuk penggunaan smartphone kita ?  

Pada dasaenya baterai smartphone sendiri lebih cepat habis dibanding dengan handphone pada umumnya. Dikarenakan Smartphone selalu terkoneksi dengan internet. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang memilih power bank sebagai penyimpan daya sementara pada ponsel mereka. Akan tetapi juga harus waspada karena sekarang banyak yang membuat power bank replika,oleh karena itu kita harus mengetahui merk power bank terbaik supaya mengetahui cara membedakan power bank asli atau palsu.

Power bank yang bagus merk apa ? Kita harus jeli dalam pemilihan tersebut agar kita memiliki Power bank yang bagus dan tahan lama. Dengan menggunakan power bank maka para pengguna Smartphone dapat mengisi ulang baterai Smartphonenya dimana saja dan kapan saja. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong ingin membeli power bank. Tapi yang perlu diingat dalam memilih power bank tidak boleh sembarangan.

Cara Memilih Power Bank Sesuai Spek Smartphone

cara memilih power bank


Berikut ini adalah beberapa cara memilih power bank yang bagus yaitu :

1. Perhatikan kapasitas
  • Tips cara memilih power bank yang baik dan berkualitas yang pertama yaitu dengan melihat kapasitasnya. Kapasitas ini merupakan hal yang cukup penting. Terlebih lagi kapasitas daya baterai setiap Smartphone juga berbeda-beda.

2. Perhatikan fitur
  • Perhatikan juga fitur yang ditawarkan. Power bank yang berkualitas dan baik biasanya memiliki fitur short circuit, overcharge dan high temperature. Dimana semua fitur tersebut tentunya memiliki manfaat masing-masing.

3. Cek kelengkapan
  • Dalam memilih power bank, cek kelengkapannya. Jangan sampai ada yang hilang, terutama kabel USB.

4. Perhatikan merek
  • Walaupun merek tidak sepenuhnya berpengaruh, tetapi hindari memilih power bank yang mereknya tidak terkenal.

5. Perhatikan model atau bentuk
  • Model atau bentuk juga berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dalam menggunakannya. Pilihlah power bank yang memiliki bentuk sederhana atau simple. Hindari juga memilih power bank berukuran besar. Saat ini ada banyak sekali power bank dengan kapasitas tinggi yang ukurannya tidak terlalu besar.

6. Cek kondisi
  • Hal yang paling penting untuk Anda pastikan adalah power bank Anda masih dalam kondisi yang bagus. Usahakan untuk membeli power bank dalam kondisi yang masih baru. Power bank second memang lebih murah, tetapi kualitasnya tidak terjamin.
Baca juga : Membuat 2 Akun BBM Dalam 1 HP Android Dengan Cara Terbaru

Namun tahukah Anda jika menggunakan power bank yang tidak sesuai anjurannya justru dapat memperpendek usia gadget Anda? Oleh karena itu kami akan sajikan informasi yang harus Anda hindari ketika akan membeli power bank.

  1. Memilih power bank murah dengan kapasitas besar. Tidak semua power bank memiliki kualitas yang baik. Beberapa di antaranya bahkan menggunakan baterai daur ulang agar harganya menjadi murah dan pembuatnya mendapat keuntungan berlipat. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih power bank yang menawarkan garansi. Meskipun harganya lebih mahal, namun Anda akan lepas dari risiko kerusakan pada gadget kesayangan Anda.
  2. Memilih power bank berdasarkan kapasitas dayanya. Power bank hadir di pasaran dengan berbagai kapasitas daya. Semakin besar kapasitas dayanya, semakin besar pula ukurannya dan hal tersebut akan membuatnya sulit untuk dibawa kemana-mana. Sebaiknya Anda menyesuaikan kapasitas power bank dengan kebutuhan sehari-hari agar aktivitas Anda tak terganggu.
  3. Mengabaikan jumlah sel baterai yang digunakan. Kebanyakan orang memilih power bank berdasarkan merek ataupun harga, dan seringkali mengabaikan jumlah sel baterai (battery cell) yang digunakan pada power bank tersebut. Jumlah sel baterai berpengaruh pada umur power bank. Semakin banyak sel baterainya, ketahanannya juga semakin besar.
  4. Menggunakan konektor non-orisinil. Inilah yang seringkali dilakukan para pengguna power bank. Banyak power bank yang menyertakan berbagai jenis konektor pada paket penjualannya, namun perlu Anda ketahui bahwa tak semua konektor tersebut memiliki kualitas yang baik untuk digunakan pada gadget Anda. Kemungkinan terburuk yang terjadi ketika Anda salah menggunakan konektor adalah timbulnya hubungan arus pendek pada gadget Anda yang tentunya akan berujung pada kerusakan komponen. Sebaiknya Anda gunakan konektor orisinil bawaan gadget Anda untuk digunakan sebagai konektor pada power bank, karena telah teruji keamanannya.
  5. Memilih power bank dengan output daya yang tidak sesuai. Beberapa power bank memiliki output daya yang terlalu rendah ataupun terlalu tinggi, sehingga membahayakan gadget Anda. Perhatikan output daya pada gadget Anda dan sesuaikan dengan output daya power bank yang akan Anda beli. Penggunaan daya yang sesuai juga akan membuat proses pengisian baterai semakin cepat.

Demikian info yang dapat disampaikan mengenai Tips Memilih Power Bank. Semoga apa yang telah dibahas pada artikel kali ini dapat memberikan Anda manfaat dan terimakasih telah membacanya. Memiliki powerbank dengan kualitas yang baik sesuai spek smartphone tentu tidak sulit jika anda mau mengikuti beberapa tips mudah diatas. Salam Ponsel !!

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.