Penyebab dan Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total / Bootloop

Cara Mengatasi Android Bootloop, Mati Total, dan Tidak Mau Start – Pada masa serba teknologi sekarang ini, kita tentu tidak asing lagi dengan suatu hal yang sering kita sebut dengan Smartphone, handphone atau ponsel cerdas . Begitu banyak jenis ponsel ber-Merk  yang telah di produksi oleh perusahaan perusahaan ternama di negara-negara besar, misalnya Sony, Blackberry, Samsung, Nokia, Xiaomi, Asus, Everross, Lenovo, dan masih banyak brand tersohor yang lainnya. Handphone Android secara tiba-tiba tidak mau restart, bootloop ataupun mati total seringkali terjadi dan dialami oleh pengguna Android. Masalah seperti sering kali membuat panik, dan menyerah. Bagaimana cara mengatasi Smartphone / Tablet Android boot loop, atau tidak mau restart ?

Cara memperbaiki ponsel Android bootloop / mati total paling sederhana dan mudah adalah mengembalikan ke setelan pabrik atau Factory Reset  melalui Recovery Mode. Cara ini adalah salah satu tips untuk memperbaiki smartphone tanpa menggunakan pc. Bagi kalian yang tidak begitu mengenal tentang Factory Reset perlu kami jelaskan bahwa Factory Reset ialah mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, pada saat kondisi pertama kali beli, sering pula disebut dengan setelan langsung dari pabrik.

Jika anda mengalami kejadian menyebalkan seperti yang kita bahas kali ini anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya ingin berbagi Tips Cara Mengatasi Hp Android Mati Total. Sebelum kita tahu cara mengatasinya alangkah lebih baiknya megetahui Beberapa Jenis Penyebab Bootloop Android, diantaranya :

1). Android Light Bootloop
Masalah ini biasanya karena pengguna ponsel Android/ Tablet pada saat pemakain normal Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba ponsel Android / Tablet anda Reboot atau Restart otomatis namun ketika dihidupkan kembali hanya sampai logo dan berhenti disitu.

2). Android Medium Bootloop
Biasa muncul dikarenakan pengguna mengutak-atik smartphone Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa dipakai untuk menjalankan system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.

3). Android Hard Bootloop
Android hard bootloop muncul dikarenakan kita mengedit sricpt pada ponsel Android . Contohnya Meng-upgrade OS, biasanya saat kita bertujuan mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.

Sebaiknya lakukan Factory Reset sebagai opsi terakhir jika semua alternatif solusi sudah dilakukan dan belum berhasil, dikarenakan langkah ini bisa berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya sehingga perlu melakukan install ulang. Jika yakin tidak ada solusi dan cara mengatasi smartphone / tablet boot loop, mati total, atau tidak bisa start, maka Anda bisa melakukan langkah “Factory Reset” dengan cara berikut :

Penyebab dan Cara Memperbaiki Smartphone Android Mati Total / Bootloop

android mati total


1. Masuk ke menu Setting >> Privacy >>  Factory Data Reset

Tidak semua HP/tablet Android tersedia menu tersebut, maka bisa menggunakan buatan pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .
Apa sih fungsi Recovery Mode. Jika Smartphone Android, tablet Android Anda mengalami masalah sebagai berikut :

Cara melakukan factory reset via recovery mode secara ringkas dapat dijalankan dengan dua langkah berikut.

1. Tahap 1adalah dengan Masuk ke recovery mode
  • Masuk ke menu recovery mode Android, matikan dulu handphone / tabletnya >> tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) >> selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.
    Catatan : Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
2. Tahap 2 adalah Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berada pada menu recovery mode, pilihlah fitur Wipe Data / Factory Reset selanjutnya restart handphone Anda. Untuk memudahkan Anda, berikut kami berikan contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young. Tetapi juga dapat digunakan pada ponsel advan, LG, sony xperia, lenovo, asus.

  • Sebaiknya daya baterai masih cukup (minimal 70%)
  • Matikan handphone
  • Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
  • Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan Factory reset / wipe data
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
  • Reboot handphone
Untuk masuk ke dalam menu Recovery Mode, hanya dapat dilakukan pada kondisi handphone mati (off)
Demikianlah penjelasan tentang cara mengatasi android bootloop, mati total, dan tidak mau start semoga artikel kami kali ini dapat membantu menemukan jalan keluar atas masalah yang sedang Anda hadapi saat ini. Untuk mengingatkan sebelum melakukan hal diatas jangan lupa selalu untuk backup file yang ada pada ponsel smartphone android anda. Baca juga artikel menarik kami tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas. Salam Ponsel !!

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.