Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Seringkali dalam keseharian kita menggunakan smartphone muncul petanyaan, Kenapa Smartphone Android Cepat Panas ketika dikantongi, bermain game, dan lainnya? Point penting yang sering kali belum dipahami orang Penyebab Handphone Android Panas ialah gejala panas pada smartphone atau android itu merupakan suatu hal yang wajar. Ini tidak diskarenakan oleh buruknya kualitas ponsel (meskipun hp murah cenderung begitu), namun dengan rutinitas kerja handphone itu sendiri. Bahkan smartphone mahal sekelas samsung galaxy S5 ataupun S6 misalnya, sering pula banyak pengguna yang mengeluhkan mengalami panas yang berlebih.

HP Android Cepat Panas ini merupakan perilaku yang wajar, dan sesuatu yang terjadi pada hampir seluruh handphone, baik menggunakan operasi sistem (OS) Android, Iphone ataupun Windows. Penting bagi pengguna handphone untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi HP Android yang cepat panas.

Panas yang terlalu berlebihan atau melampaui batas kenormalan, mungkin saja menyebabkan terjadinya ledakan atau suatu hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu tidak ada salahnya jika sebelum kita mengetahui cara mengatasinya alangkah lebih baik jika kita juga mengetahui Penyebab Ponsel / Samrtphone Android Cepat Panas, dan berikut ini ulasannya :

  1. Baterai Ponsel, yang biasanya memanas sewaktu melakukan aktivitas secara terus menerus pada hp yang mengakibatkan daya handphone digunakan lebih cepat dari biasanya. Seperti misalnya saat melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, video streming, dan aktivitas sebagainya. Jika ponsel begitu panas dan energi baterai turun secara drastis, itu berarti baterai rusak.
  2. Selain baterai, smartphone cepat panas juga disebabkan karena Kerja CPU, RAM, dan Perangkat keras lainnya pada hp yang berat. Itulah yang menyebabkan ponsel dengan spesifikasi rendah cenderung lebih mudah panas jika digunakan untuk melakukan aktivitas yang berat secara terus menerus.

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas

Android cepat panas


Berikut ialah beberapa tips untuk mengatasi android yang cepat panas.

1). Ganti Baterai
  • Sebagaimana yang telah dijelaskan, jika memang tenaga baterai sering turun drastis, mati mendadak, dan lainnya, bisa dipastikan baterai rusak itulah penyebabnya.
2)> Hindarkan dari Panas
  • Terkadang panas pada ponsel bukan bersumber dari ponsel itu sendiri, melainkan dari pengaruh luar. Seperti misalnya udara yang memang panas, menaruh di atas televisi, dekat oven, disamping kipas laptop yang mengeluarkan panas, dan lainnya. Solusinya tentu jauhkan smartphone dari semua itu.
4). Jangan menggunakan ketika sedang di-charge.
  • Menggunakan hp saat dicharge sangat berpotensi menyebabkan hp cepat panas. Selain itu, menggunakan hp ketika dicas akan menyebabkan kerja baterai meningkat dan merusak baterai, seperti misalnya menggelembung, dan bahkan meledak.
5). Matikan aplikasi atau koneksi yang menguras baterai
  • Coba tutup semua aplikasi dengan benar, baik melalui task manager ataupun aplikasi pihak ketiga. Selain itu, matikan juga koneksi yang tidak diperlukan seperti misalnya bluetooth, wifi, GPS, infrared, dan koneksi lainnya. Juga pastikan berada di lokasi yang mendapatkan sinyal dengan baik, karena ponsel yang bekerja terus menerus mencari sinyal juga menyebabkan panas.
  • Satu hal yang pasti juga adalah jangan gunakan lampu led sebagai senter dalam jangka waktu yang lama, ini tentu menguras baterai dan membuat hp cepat panas.
  • Aplikasi penghemat baterai seperti mislnya JuiceDefender pada android juga bisa dipertimbangkan untuk membantu masalah ini, atau dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di iPhone. Intinya, harus melakukan semua langkah yang membuat kinerja baterai lebih efisien.
6). Periksa Aplikasi yang terinstal
  • Kadang-kadang, ada aplikasi yang membuat CPU bekerja terus menerus meski tidak digunakan, atau ada juga yang ternyata berjalan tidak normal dari yang seharusnya. Ini tentu akan menyebabkan kerja baterai yang tidak normal dan akan menyebabkan panas.
  • Untuk mengatasinya, sobat bisa memantau kerja aplikasi melalui task manager bawaan android ataupun menggunakan aplikasi seperti misalnya Watchdog yang akan membantu melacak gejala ini pada Android. Jadi kalau hp sobat cepat panas dan anda tidak mengetahui penyebabnya, mungkin aplikasi tersebut bisa memberikan petunjuk.
7). Jangan "bekap" ponsel sobat
  • Pada beberapa kasus ditemukan bahwa penggunaan casing tambahan menyebabkan panas yang berlebih. Ini mungkin dikarenakan casing menjadi hambatan bagi ponsel untuk mencari sinyal. Selain casing, bisa jadi juga ketika ditaruh di dalam tas, kotak peyimpanan, ataupun lainnya. Untuk mengatasinya, cukup dengan buka casing tambahan atau taruh di tempat yang terbuka agar mendapat angin segar.
  • Aktivitas seperti menonton video ataupun menghidupkan GPS secara terus menerus sebagai penunjuk jalan pasti menimbulkan panas pada semua jenis smartphone. Untuk mengatasinya, sobat perlu menambahkan holder / pemegang smartphone agar tangan tidak memegang handphone terus menerus.
8). Jangan overclock ponsel
  • Overclocking ponsel adalah salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan smartphone lebih dari kondisi standar, tapi itu akan menggunakan lebih banyak daya baterai dan panas tentu akan lebih cepat. Hanya gunakan SetCPU untuk underclock ponsel jika sobat mengalami masalah panas yang konstan.
9). Istirahatkan handphone
  • Ini semacam jalan terakhir namun juga yang termudah dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel. Uniknya, memang efektif meredam panas. Caranya adalah, matikan ponsel, lepas casing belakang handphone dan juga baterai. Tunggu sampai benar-benar dingin dan barulah dirakit kembali dan menghidupkannya lagi.

Jika smartphone terlalu panas, sering mengalami crash atau shutdown secara acak, dan anda sudah melakukan berbagai cara yang telah diberitahukan, segera bawa handphone ke service centre untuk mengkalim garansi atau ke counter hp terdekat untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang lebih baik dari ahlinya.
Demikian Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas yang bisa kami sampaikan, tulis tanggapan sobat di kolom komentar untuk berbagi. Baca juga artikel kami mengenai Cara Mengatasi Android Hilang Sinyal. Salam Ponsel

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.