Cara Terbaik Merawat Smartphone Agar Tahan Lama

Tips Terbaik Merawat Smartphone Agar Tahan Lama - Bagaimana cara merawat smartphone android agar awet ? Di zaman ini siapa yang tidak mengenal yang namanya smartphone, mulai dari yang muda hingga yang tua semua mengetahuinya namun jarang ada yang mau merawat performa hp mereka. Sulit bagi mereka untuk lepas dari yang namanya handphone berbasis smartphone android, sehingga membuat mereka lupa waktu hingga terjadi kerusakan pada ponsel android mereka. Oleh karena itu kita harus mengetahui cara merawat android dengan benar supaya berimbang dalam pemakaiannya.

Berbagai smartphone, terutama Android di dunia ini mempunyai berbagai macam bentuk dan sistem operasi yang berbeda dengan brand yang bermacam-macam pula. Jika anda pengguna smartphone Android tentunya anda tidak menginginkan perangkat anda cepat rusak. Sebelum terjadi suatu hal yang buruk agar pencinta android ini tidak sering datang ke tempat service, kami akan berbagi informasi tentang cara merawat smartphone agar tahan lama.

 Tips Terbaik Merawat Smartphone Agar Tahan Lama

Tips Terbaik Merawat Smartphone Agar Tahan Lama

Berikut ini adalah artikel mengenai cara merawat smartphone agar tidak lemot. Mari kita simak Tips Merawat Smartphone Android Agar Tahan Lama :

1. Jangan Sering Instal/Uninstal Aplikasi
  • Memasang dan melepas aplikasi yang terlalu sering dapat merusak smartphone Android. Karena jika menginstal pastinya RAM akan sering bekerja dan itu membuat RAM cepat lemah.

2.  Cara Merawat Layar Sentuh
  • Kebanyakan Smartphone Android menggunakan full touchscreen. Dengan menggunakan full touchscreen sebaiknya penyentuhan pada layar jangan terlalu kasar karena akan menurunkan respon pada layar. Jadi tipsnya sentuhlah dengan lembut agar tetap terlihat seperti barunya cara sentuh pada touch screen.

3. Cara merawat baterai smartphone
  • Jika anda sudah mengenal Android pasti tahu kelemahanya yaitu boros di baterai bisa satu hari anda mengisi 3-4 kali. Masalahnya jika Android anda mati total karela habis daya sebaiknya mengecas dengan menonaktifkan Android anda. Jika pengisian di lakukan dengan mengaktifkan ini bisa menjadi masalah dan merusak komponen karena akan panas mengecas Android dengan keadaan On.

4. Listrik Statis
  • Listrik statis dapat terjadi ketika gesekan di plastik atau celana lepis. Sehingga jika Android anda mengalami gesekan ini sangat berpengaruh pada kinerja layar sehingga mengakibatkan melemahnya fungsi layar sentuh sebaiknya jika membawa smartphone android letakkan pada temat atau wadah yang tak mengandung listrik statis.

5. Kamera Dan Speaker
  • Pada sektor kamera diharapkan pengguna menggunakan pelindung yang menjadi satu bagian pada pelindung body ataupun memberikan perlindungan kaca lensa kamera agar tidak terjadi goresan yang tidak diinginkan. Cara merawat speaker adalah dengan tidak menaruh smartphone dekat dengan medan magnet, sumber air maupun benda logam kecil lainnya yang dapat menempel pada speaker dan merusak speaker.

6. Sektor Body Android
  • Dengan cara memakai pelindung smartphone baik itu lather case ataupun flip case tentunya akan melindungi semua sisi pada tubuh smartphone anda. Untuk smartphone yang tidak mempunyai standar sertifikat IPx5 ataupun IPx6 yang berupa sertifikasi anti air, sertifikasi anti debu, sertifikasi anti banting dan lain-lain. Tentunya harus lebih berhati untuk menjaga smartphone anda tidak terkena air, tenggelam, dan terjatuh agar tidak mengalami keurusakan.

7. Backup Dan Restore
  • Cara merawat smartphone Android yang terakhir dalam menjaga smartphone adalah melakukan backup secara berkala. Karena apabila smartphone mengalami kerusakan maka data-data yang berada pada smartphone akan dapat direstore atau dikembalikan. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan kehilangan data. Anda juga dapat membackup data pada perangkat lain misalnya hardisk PC/Laptop, flashdisk dan lain sebagainya.

Tips Merawat Baterai Smarthphone Android
Cara mengisi daya pada smartphone adalah salah satu kondisi orang sering tidak memperhatikan cara pengisiaannya. Sehingga lama kelamaan baterai yang dulunya masih bisa bertahan selama 5 jam dalam kondisi pemakain yang aktif, sekarang justru hanya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih singkat.Untuk mengatasinya simak beberapa tips berikut ini.
  1. Jangan menggunakan baterai hingga betul-betul kosong.
  2. Hindari Mengisi daya berlebihan.
  3. Jauhkan dari tempat yang panas.
  4. Usahakan mengisi daya dengan kondisi smartphone mati.
baca juga artikel lainnya : Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Root

Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi para pengguna dan pecinta smartphone android. Dikarenakan ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang disampaikan kepada orang lain meskipun hanya sedikit. Baca juga artikel kami tentang Cara Mengatasi Android Terkunci Dengan Mudah.. Salam Ponsel !!

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.