Cara Instal Ulang Hp Android Tanpa dan Dengan PC

Flash hp android - Bagaimana cara ngflash hp android untuk mengatasi handphone android bootloop ? Flashing Android atau yang sering kita dengar dengan Install Ulang Android. Cara flash hp / Install Ulang Android ini adalah sebuah tehnik dalam proses install ulang sistem operasi pada smartphone android yang bertujuan guna memperbaiki atau memperbaharui software asli pabrikan yang mengalami kerusakan. Ketika anda ingin mendowngrade maupun upgrade ngflashing hp merupakan salah satu cara yang digunakan pada proses tersebut. Apabila software yang rusak, maka salah satu tanda - tanda bahwa ponsel mengalami kerusakan dan perlu diinstal ulang yaitu pada saat hape android sering me-restart sendiri berulang kali serta tidak dapat masuk ke tampilan utama / home. Dan kejadian tersebut sering pula disebut dengan bootloop.

Terdapat beberapa cara flash (install ulang) Android yang dapat Anda pakai untuk keperluan hp android Anda. Sering kali flash ulang handphone Android dilakukan karena ponsel dalam keadaan mati total, mati suri, softbrick, bootloop, bahkan mengganti ROM untuk hp / tablet Android kita. Untuk kasus hp android yang mati total dan mati suri, kita harus menggunakan media laptop / PC untuk bisa menginstall ROM ke dalam ponsel kita yang mati. Pada saat proses flashing hp android disarankan menggunakan kabel data original bawaan pabrik hp android agar proses ngflash hp / install ulang tidak berhenti ditengah jalan sehingga ponsel kita tidak berhasil flash. Akibatnya, ponsel akan kembali mati suri, bahkan lebih parahnya lagi, ponsel akan mati dan tidak akan bisa digunakan.

Disini kami akan berbagi tips cara menginstal ulang android beserta tutorial mengenai cara flashing android. Dan jika anda ingin melakukan Flashing Rom ada persyaratan sebelum melakukannya, diantaranya :
  • Android anda harus sudah diinstall aplikasi untuk recovery data contoh seperti : ClockworkMod, Arnon_RA, dan lain-lain.
  • Siapkan juga Costom Rom/Firmware yang nantinya akan di Flashing dan harus memenuhi syarat telah dimodif atau dibuat khusus untuk perangkat smartphone Android anda seperti stock ROM asli bawaan vendor atau costom ROM buatan developer.
  • Pasang MicroSD di smartphone android berfungsi sebagai tempat sementara pada Costom ROM

Cara Menginstal Ulang Tanpa PC Untuk Semua Smartphone Android


flashing android , cara install ulang android
 
Tutorial Cara Flash Android Tanpa PC :
  1. Langkah pertama siapkan terlebih dahulu costom ROM yang akan di Flashing. File custom ROM bisa anda dapatkan dengan berbagai tools yang tersedia Source.Android
  2. Lalu setelah file custom ROM sudah didapat lalu pindahkan file pada SD Card, jangan lupa atur dan buat folder untuk penyimpanan file tersebut.
  3. Kemudian ketiga matikan Smartphone Android anda lalu masuk ke Recovery Mode
  4. Selanjutnya setelah masuk anda lakukan Backup terlebih dahulu, ROM yang sudah terpasang untuk merestore atau mengembalikan data seperti keadaan semula jika dalam proses flashing nanti gagal.
  5. Langkah kelima adalah lakukan wipe data/reset > wipe cache partition > wipe dalvik cache. Dengan cara tersebut sistem operasi di ROM Android anda akan terhapus seluruhnya
  6. Kemudian itu anda lakukan Flashing / install ROM. Tentunya masih berada dalam Recovery Mode  dan Instal ZIP from SDcard / cari flash zip dari SD Card yang sebelumnya sudah anda simpan dan buat folder di SD Card
  7. Berikutnya mengikuti petunjuk di layar karena fungsi layar sentuh tidak berfungsi keatas dan kebawah anda bisa menekan tombol Volume UP (untuk keatas)Volume Down (untuk kebawah) dan Home (untuk pilihan YES )
  8. Langkah terakhir untuk finishing hanya restart android anda dengan memilih reboot system now.

Tutorial Cara Ngflash hp android dengan PC :
  1. Pertama, unduh dan instal MediaTek USB VCOM (android) Driver pada PC sahabat untuk menghubungkan smartphone Android dengan PC.
  2. Kedua, unduh Custom ROM / Firmware yang sesuai dan bisa digunakan untuk tipe smartphone sahabat.
  3. Ketiga, unduh dan instal di Android aplikasi SP_Flashtools yang berfungsi sebagai pembuka direktori Android di PC.
  4. Keempat, buka aplikasi  SP_Flashtools. Kemudian pada tampilan aplikasi tersebut, pilih Scatter_Loading dan carilah file bernama scatter_emmc.txt di folder ROM Android. Jika sudah, selanjutnya tandai kotak yang berada di samping DA DL ALL with checksum dan pilih download.
  5. Tunggu hingga proses download selesai. Indikasi proses download akan ditunjukan dengan bar berwarna ungu.
  6. Jika proses download sudah beres, sekarang matikan smartphone sahabat dan hubungan dengan PC melalui USB. Secara otomatis, download bar berwarna ungu akan berubah menjadi kuning. Hal tersebut menandakan bahwa prosese instal ulang sedang diproses. Tunggulah sampai ada tampilan lingkaran berwarna hijau di Flash Tools yang menandakan proses instal ulang telah selesai.
  7. Apabila sudah beres, sekarang silakan hidupkan kembali smartphone sahabat. Jika proses booting agak lama, itu adalah hal wajar. Tunggu saja hingga proses tersebut selesai.
  8. Finish!

baca juga artikel lainnya :
Penyebab Smartphone Android Mati Total / Bootloop
Cara Mengatasi Hp Android Bootloop Dengan Mudah

Demikian tips mengenai cara flashing android tanpa dan dengan pc yang dapat kami informasikan, selalu diingat ketika akan melakukan install ulang android pastikankan selalu anda sudah membuat backup hp android anda. Karena menanggulangi itu lebih baik daripada mengatasi dan baca juga artikel kami lainnya yang membahas tentang Cara Mengatasi Tidak Bisa Download di Google Play Store. Salam Ponsel !!

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. terimah kasih , artikelnya sangat membantu sekali gan , di tunggu artikel ertikel berikutnya


    http://www.perumahangrhasudirman.com/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.