5 Cara Jitu Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi

Bluetooth android tidak bisa hidup - Kenapa bluetooth tidak bisa diaktifkan di hp atau tablet android ? Dalam dunia teknologi bluetooth merupakan salah satu inovasi besar. Terutama dalam masalah berbagi file (file sharing) dengan mudah, praktis, dan cepat. Praktis karena Bluetooth tidak membutuhkan kabel sama sekali. Karena data dikirimkan lewat gelombang radio UHF. Selain pengiriman file, saat ini bluetooth difungsikan sebagai penghubung berbagai perangkat elektronik. Misalnya komputer, smartphone, tablet, dengan berbagai perangkat seperti mouse, keyboard, speaker, dan sebagainya. Bluetooth merupakan salah satu fitur yang pasti selalu tertanam pada ponsel Android. Lalu bagaimana jika bluetooth android tidak bisa hidup ?

Memiliki masalah dengan Bluetooth yang tiba-tiba menjadi error sehingga bluetooth tidak bisa menerima file terhadap perangkat bluetooth lainnya tentu akan membuat kita kesal. Apalagi jika ternyata handphone Android yang kita pakai merupakan barang baru. Tablet dan Smarphone Android tidak jauh terhindar dari masalah bluetooth tidakberfungsi, tanpa terkecuali terhadap merk atau tipe apapun seperti pada Samsung, Advan, Sony Experia, Andromax, HTC, Lenovo, Oppo dan beberapa produsen lainnya.

Pada setiap Tablet dan Smartphone android dapat berubah menjadi sangat unik pada saat sedang menggunakan bluetooth. Itulah alasannya beberapa hape cina akan membaca sebuah perangkat hanya dengan memperlihatkan bentuk angka secara acak yang memberikan tanda ID dari perangkat yang terhubung atau terbaca. Bluetooth yang gagal menemukan layanan merupakan salah satu masalah yang terjadi di antara dua buah perangkat yang ingin disambungkan. Oleh karena itu ikuti beberapa langkah untuk mengatasi bluetooth android tidak bisa menerima file.

5 Cara Jitu Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi

Cara mengatasi bluetooth tidak merespon


Dibawah ini adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah bluetooth tidak bisa menerima file ataupun tidak bisa dihidupkan pada hp android :

1. Clear Cache
  • Cara pertama ini kita akan membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis pada aplikasi Bluetooth bawaan dari pabrik. Cache biasanya digunakan oleh sistem untuk mempermudah atau mempercepat suatu aplikasi terbuka. Namun tidak menutup kemungkinan cache yang menumpuk menjadi sumber permasalahannya. Cara membersihkan cache aplikasi adalah, tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear cache.

2. Clear data
  • Hampir sama seperti diatas namun dengan menggunakan fitur ini kita akan membersihkan data yang tersimpan seperti daftar nama Bluetooth dari hp atau Tablet yang sebelumnya telah terbaca. tap Setting > Apps > All kemudian buka dan cari aplikasi Bluetooth dan terakhir tap Clear data.

3. Gunakan aplikasi Bluetooth Fix Repair
  • Aplikasi gratis yang satu ini akan memperbaiki sistem Bluetooth yang error pada Smarphone. Jika Bluetooth Android error setelah di root maka aplikasi inilah jawabannya.

4. Reboot
  • Matikan Android kemudian cabut baterai, sim card dan memory external (micro sd) lalu biarkan selama beberapa menit. Setelah itu pasangkan dan hidupkan kembali. Cara ini akan berhasil terhadap Android yang tidak bisa terbaca oleh Bluetooth.

5. Factory Reset
  • Salah satu kelebihan dari melakukan factopry reset Android adalah karena ia akan secara otomatis mengembalikan dan memperbaiki sistem android yang telah rusak. Namun yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara ini adalah kita harus back up data dan file Android seperti file hiburan atau dokumen agar nantinya tidak terhapus.

baca juga :
Cara Mengatasi Masalah Tidak Ada Sinyal Pada iPhone
Cara Menjadikan Handphone Xiaomi Menjadi Bahasa Indonesia

Demikaian artikel kami kali ini yang membahas tentang cara memperbaiki bluetooth yang tidak bisa diaktifkan. Apabila kedua cara tadi masih belum dapat menyelesaikan masalah bluetooth perangkat Android yang error, maka anda dapat mencoba melakukan factory reset. Namun catatan yang perlu diperhatikan adalah, backup data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. Sekian dan terima kasih

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.