Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera DSLR

Tips fotografi | Mengatasi Kamera muncul jamur - Bagaimana cara membersihkan jamur pada lensa kamera DSLR ? Jamur merupakan salah satu pemicu yang dapat menyebabkan foto yang bagus sulit kita dapatkan saat memotret. Oleh karena itu kita perlu sebisa mungkin mengatasi jamur yang ada di kamera digital milik kita. Terdapat beberapa kategori posisi dan jenis jamur pada lensa kamera kita yang kadang kala tidak selalu sama. Sebagai contohnya jika posisi jamur berada pada bagian pinggiran lensa, maka tidak terlalu berpengaruh atau terlihat efeknya pada saat kita melakukan pengambilan foto zoom in pada lensa, akan tetapi sangat mengganggu apabila lensa kita berjamur tepat berada di bagian tengah.

Dari beberapa pengalaman, lensa kamera digital dapat berjamur akibat penyimpanan yang kurang tepat, sering kali karena kita menyimpan pada tempat yang lembab namun kita kurang menyadarinya. Contohnya jika kamera DSLRkita simpan pada lemari pakaian, meskipun terlihat kering terkadang ada beberapa pakaian yang masih belum kering secara sempurna. Pada tingkat kelembaban tertentu, jamur masih belum dapat muncul pada lensa kamera kita, namun apabila disimpan pada daerah yang lembab dalam kurun waktu yang lama, maka suatu saat nanti lensa kita akan berjamur.

Lalu solusi seperti apa yang dapat digunakan sebagai cara merawat kamera DSLR kita ? Yang menjadi masalah adalah apabila jamur telah menempel pada bagian dalam lensa kamera digital kita, terpaksa kita harus membongkar lensa tersebut dan ini tidak dianjurkan bagi pemula yang sedang belajar fotorgrafi. Kami sering kali merekomendasikan teman - teman photografer yang lensanya berjamur untuk segera membawa ke service center resmi atau tempat reparasi profesional terdekat dikota anda, karena membutuhkan keahlian khusus untuk membongkar bagian dalam lensa kamera digital serta peralatan yang memadai.

Cara Membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera DSLR


mengatasi jamur pada lensa kamera dslr

Kembali lagi ke pokok bahasan, cara membersihkan lensa camera dslr yang sudah terlanjur tumbuh dan berkembang ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Dalam hal ini kami membaginya menjadi beberapa kategori:

1. Jamur ringan
Dalam kategori ini jamur terdapat pada bagian optik luar lensa (baik bagian depan atau belakang) yang dapat langsung dijangkau/dilakukan pembersihan dengan tanpa harus membongkar elemen lensa. Pada tahap ini umumnya umur jamur belum menahun, jadi bisa dibilang masih berupa bakal jamur berupa bintik-bintik dan belum melebar menjadi satu kesatuan jamur yang lebih besar.

  • Solusi mengatasi lensa yang berjamur :
Pada tahapan ini jamur dapat dibersihkan dengan cairan pembersih lensa yang banyak dijual ditoko-toko aksesoris kamera. Gunakan kain paling lembut dan bertekstur halus, gosok perlahan dan optik lensa jangan ditekan terlalu keras karena dapat menyebabkan baret halus. Ulangi hingga jamur benar-benar hilang dan lensa kembali bersih. Setelah benar-benar bersih gunakan kertas tisu lensa sebagai proses finishing untuk mengangkat sisa-sisa debu, minyak dan lembab bekas goresan tangan saat proses pembersihan.

2. Jamur Berat
Dalam kategori ini bakal-bakal jamur mulai menyatu menjadi satu kesatuan, berukuran relatif lebih besar hingga menutupi seluruh optik pada lensa. Dalam kasus ini biasanya jamur telah berusia bulanan atau bahkan tahunan akibat dari akumulasi pembiaran dari bibit-bibit jamur tanpa segera dilakukan pembersihan. Umumnya juga posisi jamur terletak pada elemen optik lensa bagian dalam yang tidak dapat secara langsung dilakukan pembersihan karena harus melakukan pembongkaran pada elemen lensa yang berarti juga harus memahami tehnik dalam bongkar pasang lensa.

Pada tahap terparah terkadang ditemukan juga elemen optik lensa yang telah terlihat menyerupai kabut (fog) terutama pada optik bagian dalam yang terdiri atas beberapa elemen lensa yang digabungkan menjadi satu bagian dengan proses pengeleman.

  • Solusi mengatasi lensa yang berjamur :
Jika optik yang terkena jamur berada di bagian dalam lensa, mau tidak mau harus dilakukan pembongkaran/melepas elemen lensa (catatan: Anda harus memahami tehnik bongkar pasang lensa) sebelum dilakukan pembersihan. Gunakan buku panduan/manual lensa yang dapt dicari di internet atau dapat mengunjungi kategori Service pada halaman lain blog ini.

Untuk Fog atau lensa berkabut menurut penjelasan teknisi yang biasa menangani perbaikan dan pembersihan lensa (cuci lensa) disebabkan karena pemuaian dari lem yang digunakan untuk menggabungkan antara 2 elemen atau lebih pada optik lensa, solusinya eleman-elemen optik lensa yang menyatu tersebut harus terlebih dahulu dipisahkan antara bagian yang satu dengan yang lainnya. Salah satu cara yang juga terlihat sedikit ekstrim yaitu direbus dengan suhu tertentu hingga metode-metode alternatif lainnya.

Setelah elemen lensa yang terserang jamur dibongkar anda dapat membersihkannya dengan metode berikut :
 
1. Penyinaran ultraviolet (UV)
Penyinaran cahaya ultraviolet ke dalam lensa akan mencegah timbulnya jamur, soal seberapa baik dan berapa lama penyinaran belum pasti. Rumusnya cukup sederhana yaitu dengan meletakkan lensa yang terkena jamur ditempat kering dan menghadap jendela yang langsung dimasuki sinar matahari, pasang penutup belakang lensa (caps). Informasi dari beberapa forum-forum fotografi luar negeri dengan menggunakan metode diatas dan dilakukan selama beberapa bulan terdapat pengurangan subtansial pada jamur lensa.

2. Membersihkan dengan alkohol
Dengan cara sederhana yaitu menggunakan alhohol 70% keatas sebagai bahan pembersih, dan dioleskan pada optik lensa yang terkena jamur dengan menggunakan cotton bud atau pembersih telinga. Lakukan berulang hingga jamur bersih.

3. Campuran bahan kimiawi
Campuran bahan kimia dengan menggunakan bahan :
  • Hidrogen Peroksida
  • Amonia.
  • Air mineral.

Cara menggunakan :
Campurkan bahan berupa Hidrogen Peroksida dan amonia dengan perbandingan 50 -50. Gunakan masing-masing bahan secukupnya saja atau sekali pakai menyesuaikan kebutuhan lensa yang akan dibersihkan. Jadi ketika ingin digunakan baru dilakukan pencampuran kembali. Setelah kedua bahan tercampur oleskan pada optik lensa yang terkena jamur dengan bantuan cotton bud/pembersih telinga, diamkan beberapa saat hingga terlihat jamur mencair/terlepas. Ulangi hingga jamur benar-benar bersih. Setelah bersih gunakan air mineral untuk membilas optik lensa yang telah dibersihkan dengan campuran kedua bahan tadi.

Catatan:
  1. Kedua bahan tersebut merupakan bahan keras dan berbau menyengat. Hindarai terkena kulit karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Pastikan menggunakan sarung tangan karet sebagai pengaman.
  2. Kami berusaha memberikan informasi seakurat mungkin, namun segala akibat dan resiko yang ditimbulkan ditanggung sendiri oleh anda. Kami tidak bertanggung jawab atas akibat yang ditimbulkan.
  3. Jika anda ragu dan tidak yakin dengan kemampuan anda, sebaiknya silahkan bawa lensa kamera yang jamuran ke tempat-tempat servis resmi atau bengkel kamera kepercayaan anda.

baca juga :
Cara Mengatasi LCD HP Android Bergaris
Masalah Pada Kamera Digital Yang Sering Terjadi | Belajar Fotografi
 
Demikian beberapa cara menghilangkan dan membersihkan jamur pada lensa kamera yang dapat kami berikan pada pertemuan kali ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan anda mengenai dunia fotografi. Terima kasih ..

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.