Hp Android Lemot ? Atasi Dengan Cara Terbaru Ini

Hape android lemot – Bagaimana cara supaya hp android tidak lemot ? Lemot / lelet merupakan salah satu ciri penurunan kinerja yang ditunjukan dengan ciri lambatnya proses kinerja smartphone android yang anda miliki. Pada masa sekarang ini jika menginginkan hp android yang lancar penggunaan tanpa adanya ngehang maka jangan tergiur oleh handphone android harga murah karena itu menjadi salah satu cara agar hp tidak lemot. Dengan semakin murah suatu ponsel maka semakin sedikit pula kelebihan didalamnya, salah satunya ram android yang kecil yang membuat handphone android lelet / lemot sehingga ponsel kinerja menurun ketika banyak multi tasking.

Sistem operasi yang dipakai pada handphone juga akan mengalami melambatnya kinerja jika dipakai dengan jangka waktu yang relatif lama, sehingga mengakibatkan hp android menjadi lemot dan baterai menjadi panas. Untuk itu kita harus mengetahui cara mengatasi hp lemot agar kita dapat menikmati saat menggunakan android yang kita miliki dengan merasakan multi tasking yang lancar tanpa adanya hp ngeleg ataupun ngehang.

Penyebab hp android lemot dapat berbagai macam, mulai dari spesifikasi yang terdapat pada android sampai dengan pemakaian smartphone itu sendiri. Dari faktor spesifikasi sering kali hp android lemot karena RAM kecil & jenis Prosesor yang digunakan sangat mempengaruhi performa android. Sedangkan dari faktor pemakaian biasanya karena pengguna hp android terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus.

Hp Android Lemot ? Atasi Dengan Cara Terbaru Ini

cara mengatasi android lemot


Cara mengatasi android lemot agar kinerja tidak lembat sebenarnya tidak terlalu sulit, namun cara ini akan lebih efektif lagi jika anda mengetahui atau mengerti mengenai seputar aplikasi android serta penggunaanya. Oleh karena itu berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi android agar tidak lemot atau lambat.

  • Membersihkan cache
Menjalankan aplikasi terkadang bisa meninggal sisa data penyimpanan berkelanjutan atau disebut cache, namun tahukah kamu bahwa penumpukan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut dapat menjadi faktor memperlambat kerja hp android anda. Cache juga biasa disebut dengan history jika pada browser. Untuk mencegah sistem menjadi lag akibat penumpukan cache ini kita bisa membersihkannya mengguna aplikasi khusus yang bisa di download di Google Play Store.

  • Terlalu banyak widget
Sebagian orang menghiasi ponsel android mereka dengan berbagai widget yang tujuannya untuk memperindah tampilan atau sekedar untuk membuat kesan imut atau lucu dilayarnya terutama dengan menggunakan live walpaper tetapi diketahui bahwa hal itu bisa memakan daya baterai yang banyak dan memperlambat sistem di handphone anda. Oleh karena itu sebaiknya anda hanya menginstal widget yang benar-benar dirasa penting dan menghindari penggunaan live walpaper.

  • Hapus Aplikasi yang tidak penting
Keistimewaan pada android ialah banyaknya aplikasi gratis yang terdapat pada Google Play Store. Hal tersebut membuat para pengguna android seenaknya saja menginstall berbagai aplikasi tanpa pertimbangan. Padahal semakin banyak aplikasi yang telah di instal secara tidak sadar kinerja smartphone android anda akan mengalami penurunan kinserja smartphone android anda. Oleh karena itu hapuslah aplikasi yang sekiranya anda jarang di pergunakan.

  • Kapasitas RAM termakan aplikasi
Setiap meng-instal aplikasi, coba periksa Setting untuk mengetahui kapasitas memori, baik ke memori internal atau malah mengurangi jatah RAM. Perlu diingat bahwa kapasitas RAM sangat mempengaruhi kinerja smartphone, semakin tinggi RAM maka smartphone akan semakin aman dari sebutan ‘lemot’.
Terlebih bagi Anda yang hobi bermain game melalui smartphone, lebih baik pilih smartphone dengan kapasitas RAM di atas 1,5GB. Anda juga dapat menambah memori eksternal dan memindahkan aplikasi pada memori internal ke memori eksternal agar kinerja smartphone terjaga.


  • Jangan sering-sering update aplikasi
Pasti kamu sering mendapatkan notifikasi untuk update sebuah aplikasi, baik bbm, facebook, whatsapp, browser, photo grid dan lain sebagainya. Memang benar setiap update aplikasi merupakan versi aplikasi yang sudah dikembangkan dan dibuat lebih bagus. Namun perlu kamu ketahui bahwa setiap update aplikasi bukan berarti akan cocok dengan android mu. Bisa jadi aplikasi tersebut malah lambat ketika dijalankan.

  • Coba restart android kamu
Cara ini paling mudah dilakukan, kamu hanya perlu merestart atau mematikan android kemudian menyalakannya lagi. Bila cara ini sukses berarti masalah android lemot punyamu hanya karena banyak program/aplikasi yang berjalan.

  • Flash atau instal ulang smartphone android
Cara ini paling jitu untuk mengatasi android lemot, sayangnya tidak semua orang mengerti caranya karena memang ribet. Solusinya terbaik jika kamu tidak bisa flash yakni dengan membawanya ke service center atau meminta bantuan ke konter ponsel yang bisa service, sekarang sudah banyak jasa flash android jadi jangan kawatir.
Namun perlu diketahui bahwa cara ini akan dapat menghapus semua aplikasi serta data (kontak, foto, musik, aplikasi, dll) yang tersimpan di android, kecuali data tersebut kamu simpan di SD Card/memori eksternal. Cara flash ini merupakan solusi terakhir kalau semua cara diatas tidak mempan mengatasi android mu yang lemot.

baca juga artikel menarik lainnya :
  1. Penyebab dan Cara Mengatasi Android Lemot Setelah di Root
  2. Penyebab dan Solusi Mengatasi Baterai Android Dicas Malah Berkurang

Bagi anda yang masih awam dengan hp / tablet android mungkin beberapa cara mengatasi hp / tablet android lemot diatas cukup ribet. Namun memang seperti itu adanya mengingat ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan android menjadi lemot. Semoga dengan adanya tips dan trik diatas diharapkan para pengguna android lebih bijak dalam menggunakan smartphone androidnya dan menjaga keoptimalan sistem android supaya tidak menimbulkan perlambatan kinerja. Terima Kasih ..

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.