Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi ( Plugged in Not Charging )

Baterai laptop yang tidak bisa di charge - Ketika laptop tidak bisa di charge / dicas, tahukah anda bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang tidak mau mengisi daya ? Masalah pengisian daya pada laptop, jika tidak mendapat penanganan akan mengakibatkan baterai tidak penuh - penuh meskipun sudah lama di cas. Ketika kita berada dalam kondisi dimana harus lengket terus dengan charger karena baterai laptop yang tidak bisa di charge, maka sebagai benda portabel fungsi dari laptop menjadi terganggu. Oleh karena itu adamcecc.blogspot.com kali ini akan membahas mengenai penyebab laptop bisa tidak bisa mengisi daya baterai serta solusi memperbaiki laptop yang tidak bisa dicas.

Cara mengatasi laptop pengisi daya baterai tidak masuk ketika dicas / dicharge - Laptop tidak bisa dicas saat mati memiliki penyebab dari beberapa faktor, mungkin salah satu penyebabnya ialah dari keseringan kita mengecas laptop tidak menggunakan kabel charger bawaan laptop tersebut. Hal seperti ini tentu sering kita alami. Sudah lama cas laptop, yang menjadikan pikiran ketika dayanya gak nambah - nambah malah baterai malah berkurang. Padahal belum tentu charger atau baterai laptop Anda yang rusak. Pada kasus seperti ini sering kali yang menjadi penyebab laptop tidak bisa dicas adalah pada kabel dan charger laptop itu sendiri.

Kejadian dimana baterai laptop / notebook sudah di cas (charge) selama 3 jam akan tetapi baterai laptop tidak kunjung penuh atau baterai notebook / laptop tidak bisa 100% meskipun selama apapun kita telah melakukan charge. Untuk itu kali ini kami akan membagikan sebuah tips tentang penyebab dan tips solusi mengatasi baterai dicas tidak terisi penuh dan di indikator baterai, muncul tulisan " Battery not Fully charged ".

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi ( Plugged in Not Charging )

baterai laptop tidak bisa dicas / dicharge


Sebelum kita membahas baterai laptop tidak bisa dicas perlu kita ketahui terlebih dahulu hal yang menjadi faktor penyebab baterai laptop tidak mengisi saat dicas / dicharge, diantaranya :
  • Membiarkan Laptop mati karena kehabisan baterai. Hal ini yang sayangnya masih sering di anggap lumrah oleh kita, padahal sebenarnya betari laptop mempunyai counter limit penggunaan berapa kali kita melakukan charge. 
  • Gangguan listrik. Seringnya mati lampu dan tidak stabilnya listrik membuat ketahanan baterai cepat menurun karena pasokan yang masuk tidak sesuai dengan daya tampung yang ada sehingga mengakibatkan baterai mengalami malfungsi.
  • Critical Battery Level yang terlalu rendah. Pengaturan critical battery level di bawah 5% dapat menyebabkan kondisi baterai tidak tahan lama, oleh karenanya aturlah sebisanya pada level 10%.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi baterai laptop / notebook tidak bisa dicas / dicharge, tidak bisa mengisi atau tidak charging yang dapat digunakan untuk semua merek laptop atau notebook (Toshiba, Asus, Lenovo, Acer, Aspire One, Fujitsu, dll).

Cara 1 : " Restart Komputer Anda "

  1. Restart komputer Anda sebagai langkah pertama. Walaupun cara ini sederhana tapi kadang bisa mengatasi masalah laptop tidak ngecas.
  2. Lalu matikan komputer Anda. Perhatikan, tombol off berbeda-beda, tergantung merek laptop sama OS juga.
  3. Kemudian coba matikan pasokan listriknya. Lepaskan adaptor dan baterainya, terus pasang lagi setelah 10 detik.
  4. Setelah itu tekan tombolnya. Tekan tombol power minimal selama 30 detik.
  5. Terakhir coba di-restart. Periksa kembali apakah baterainya udah bisa mengisi.

Cara 2 : " Periksa Kabelnya "

  1. Periksa kerusakan. Luangkan waktu untuk memeriksa adanya kerusakan pada adaptor.
  2. Pastikan bahwa Anda menggunakan adaptor yang benar. Kalau adaptornya bukan buatan perusahaan yang sama seperti laptop Anda, atau pemakaian watt-nya tidak benar, ini bisa membuat laptop Anda tidak nge-charge.
  3. Ganti kabelnya. Ganti adaptor Anda jika mengalami kerusakan atau pemakaian watt-nya tidak cocok untuk komputer Anda.

Cara 3 : " Periksa Baterainya "

  1. Langkah pertama lepas baterainya. Debu mungkin menumpuk atau baterainya tidak dipasang dengan benar. Luangkan waktu untuk membersihkan debunya, dan pastikan bahwa tidak ada kerusakan.
  2. Jangan lupa ingat-ingat kembali sudah berapa lama laptop Anda digunakan. Baterai pasti mengalami penurunan daya tahan sehingga akan cepat lobet atau bahkan tidak mengisi sama sekali.
  3. Kemudian segera ganti baterai Anda kalau laptopnya sudah dalam kategori laptop lama. Bisa jadi, baterai Anda memang seharusnya udah diganti dari dulu.
  4. Lalu periksa apakah laptop Anda masih dalam masa garansi atau tidak. Jika ya, kemungkinan besar baterai atau adaptornya masuk dalam garansi.

Cara 4 : " Instal Ulang Driver "

  1. Buka Device Manager. Pertama, buka "Device Manager". Ini dapat ditemukan dengan mudah pada komputer Windows dengan menggunakan fungsi search (cari).
  2. Perhatikan pengaturan Baterainya. Bila daftarnya sudah terbuka, klik tab "Batteries".
  3. Cari entri baterai Anda. Klik entri dengan tulisan "Microsoft ACPI-Compliant Control Method battery".
  4. Uninstall driver yang ada. Klik kanan dan tekan "Uninstall".
  5. Periksa perubahannya. Kalau sudah selesai, klik tombol pada toolbar yang bertuliskan  "Scan for hardware changes". Atau Anda bisa membuka tab "Action" dan menekan Scan for hardware changes
  6. Instal ulang driver. Prosesnya akan mendeteksi baterai secara otomatis dan menginstal ulang driver.

artikel menarik lainnya :
Harga Laptop Murah Dibawah 2 Jutaan Terbaru
Harga Laptop Murah Dibawah 3 Jutaan Terbaru

Selain baterai laptop tidak bisa dicas terkadang juga masih ada masalah seperti angka charge paling banyak di sekitar 50% dan berhenti mengecharge sehingga muncul warning " Plugged in Not Charging ". Untuk memperbaikinya anda dapat mencoba trik berikut :

  1. Pertama - tama shutdown windows anda.
  2. Kemudian cabut adapter charge laptop anda.
  3. Lepaskan baterai laptop.
  4. Lalu hidupkan kembali laptop dengan adapter AC laptop.
  5. Setelah masuk ke Windows masuk ke Device Manager caranya ketik di start kemudian ketik “Device Manager” atau masuk ke Control Panel cari Device manager
  6. Masuk ke bagian tab baterai cari  ”Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery
  7. Selanjutnya klik kanan kemudian uninstall semua driver dengan nama tersebut
  8. Shutdown laptop anda
  9. Kemudian lepaskan charger
  10. Setelah itu masukan baterai ke laptop lagi
  11. Kemudian colokkan adapter PC anda lagi
  12. Langkah terakhir hidupkan laptop dan hidupkan

Jika kita berhasil melakukan tahapan ini laptop anda akan mencharging kembali. akan tetapi jika kita “Gagal”, kita dapat menggunakan cara yang lain yaitu dengan mengulangi kembali langkah dari no 1 kemudian di antara nomor 9 dan 10 coba tekan power laptop anda dengan menahan selama 30-60 detik untuk menghilangkan power yang masih tersisa setelah itu lanjutkan kembali langkah tersebut.

baca juga :
Cara Mengatasi Baterai Hp Android Dicas / Dicas Malah Berkurang
Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Sendiri Secara Tiba - Tiba

Demikian artikel kami kali ini yang telah mengulas tentang Cara Mengatasi Baterai Laptop / Notebook Tidak Bisa Dicas " Plugged in Not Charging ". Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua yang sedang mengalami masalah baterai laptop tidak bisa di charge, sekian dan terima kasih.

2 komentar:

  1. mas kenapa pas di coba pada laptop yang merek sama ko baterai tetap ngga bisa dicas..

    BalasHapus
  2. ada masalah nih gan.. laptop ane colokkannya agak bermaslah.. awalnya bisa kecolok.. tapi nga berapa lama. indikator lampu baterainya malah kedip2. begitu colokan chargenya dicabut dan colok lagi.. masalahnya sama.. bagaimana ya? secara daya pas awal colok bisa terisi. tapi pas kedip2 itu.. tidak dapat dicharge lagi.. pusing nih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.