Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Sendiri Secara Tiba - Tiba

Layar laptop sering mati sendiri - Bagaimana langkah yang harus kita lakukan untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi laptop / komputer sering mati sendiri atau restart otomatis ? Kejadian seperti laptop yang mati sendiri tentu kita pernah mengalaminya terlebih lagi jika kita sering menggunakan PC / laptop, namun kita belum menyadari mengapa laptop sering mati sendiri. Tidak sedikit kejadian aneh ketika sedang memakai teknologi yang cukup membuat pusing pikiran kita, laptop tiba-tiba mati dengan sendirinya merupakan salah satu masalahnya. Laptop / komputer tiba tiba mati tidak bisa hidup padahal tadinya baik - baik saja meskipun setelah digunakan unutk bermain game atau aktivitas lainnya. Ditambah lagi listrik dan kontak listrik berada dalam kondisi menyala.

Laptop atau komputer secara tiba-tiba bisa mati mendadak sebetulnya memiliki beberapa faktor yang dapat mengakibatkan masalah tersebut. Hitung-hitung menghemat biaya service, selama kita masih dapat memperbaiki laptop yang mati sendiri maka kita tidak harus langsung ke service center dulu. Oleh karena itu, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebab laptop mati sendiri serta bagimana cara mengatasi laptop mati sendiri saat bermain game salah satunya.

Pada pertemuan kali ini adamcecc.blogspot.com akan berbagi sebuah informasi bagi kalian pengguna laptop yang sedang mengalami masalah laptop tiba - tiba mati meskipun baru saja dihidupkan. Berikut ini kami bagikan tips untuk mengetahui cara mengatasi komputer atau laptop mendadak mati sendiri beserta penyebabnya yang sering kali terjadi pada banyak laptop atau perangkat komputer saat ini.

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Sendiri Secara Tiba - Tiba

laptop mati sendiri


Sebelum kita membahas cara memperbaiki laptop sering mati mendadak, berikut kami sampaikan terlebih dahulu penyebab laptop mati sendiri :

1. RAM laptop atau komputer kotor dan berdebu

Kebersihan dari penyimpanan memory RAM pada laptop atau komputer harus selalu dijaga. Jika hal ini dibiarkan kotor dan berdebu dalam waktu yang lama, maka dapat memungkinkan running error dan komputer pun akan tiba-tiba restart sendiri bahkan mati sendiri.
  • Cara mengatasi laptop sering mati sendiri ialah membersihkan memory RAM dengan melepaskannya terlebih dahulu dari laptop atau komputer anda, kemudian di gosok dengan penghapus atau kain halus bersih higgan tak ada debu yang menempel lagi. Lalu pasang kembali perangkat tersebut ke laptop atau komputer anda.

2. Laptop atau komputer terkena virus jahat atau malware

Beberapa virus berfungsi untuk melakukan restart otomatis dan mati secara mendadak.
  • Cara mengatasi laptop sering mati sendiri ialah gunakan antivirus update untuk mencegah aktifitas virus atau malware ini selanjutnya, yang kemudian akan menghapus atau membuat shortcut file atau folder di komputer anda.

3. Laptop atau komputer yang terlalu panas

Panas yang berlebih pada laptop maupun komputer dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang paling sering memicu hal ini ialah sirkulasi udara pada PC yang tidak berjalan lancar. Beberapa laptop atau komputer rentan dan tidak tahan dengan suhu panas. Biasanya jika laptop atau komputer jenis ini akan mengambil tindakan untuk restart otomatis bahkan bisa mati tiba-tiba tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Cara mengatasi laptop sering mati sendiri adalah dengan membuka cover laptop atau komputer anda, kemudian pastikan putaran kipas berjalan lancar, jika ada demu maka bersihkan dengan hati-hati.

4. Power suplay untuk laptop atau komputer bermasalah

Masalah pada power suplay mungkin kemungkinan kecil bisa terjadi. Hanya saja tetap harus diperhatikan segala perangkat yang terhubung dengan PC/komputer atau laptop kita jika terjadi mati secara tiba-tiba. Masalah pada kabel power yang terputus kemungkinan akan menyebabkan komputer atau laptop mendadak mati.
  • Cara mengatasi laptop sering mati sendiri karena power supply bermasalah ialah, perbaiki dan ganti kabel power suplay anda jika ada yang terputus.

5. Mengganti hardware yang tidak compatible

Tidak semua hardware yang cocok digunakan untuk setiap masing-masing komputer, meskipun harga hardware pengganti itu terbilang mahal harganya. Oleh karena itu hati-hati mengganti hardware untuk perangkat PC/komputer atau laptop anda. Sebab, jika hardware tersebut dipasang, akan mengakibatkan error karena hardware baru tersebut tidak compatible.

6. Salah satu komponen di komputer atau laptop tidak bekerja dengan baik

Jika komponen ini selalu tidak berjalan sebagaimana mestinya maka komputer atau laptop anda akan gagal melakukan booting, lalu akan kembali pada kondisi awal atau otomatis restart. Hal ini ditandai dengan adanya suara bising yang dikeluarkan oleh perangkat di komputer atau laptop anda.

artikel menarik lainnya :
Harga Laptop Murah Dibawah 2 Jutaan Terbaru
Harga Laptop Murah Dibawah 3 Jutaan Terbaru

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari laptop mati sendiri seperti yang telah disampaika diatas, mungkin hal yang paling harus anda perhatikan adalah kapasitas hardware pada laptop atau komputer anda. VGA, harddisk, atau prosessor merupakan hardware yang dimaksud. Sering kali masalah ini terjadi yang mengakibatkan laptop atau komputer otomatis gagal booting, restart, dan mati secara mendadak karena diakibatkan oleh hardware tersebut yang sebagaimana mestinya tidak dapat berjalan lancar.

Jika kita telah melakukan langkah - langkah perbaikan laptop sering mati sendiri seperti diatas namun belum berhasil maka coba gunakan cara lain untuk memperbaikinya, berikut ini cara lain untuk menangani masalah LCD / LED laptop maupun notebook mati mulai berurutan dari yang paling sederhana solusinya :

1. Melakukan shutdown paksa (jika dalam kondisi mesin menyala). 

Ini merupakan solusi yang paling sederhana dalam masalah LCD / LED notebook / laptop mati karena masalah software (dumb crash memory, windows booting error, system crash, dll).
  • Pengertian sederhananya adalah terdapat satu atau lebih file system yang tidak dapat dihilangkan secara otomatis oleh system. Sehingga system tidak dapat menampilkan gambar pada layar LCD jadi tidak ada masalah dengan perangkat LCD anda atau perangkat yang lainnya, hanya masalah software saja.

2. Melepas baterai laptop dan membiarkannya selama kurang lebih 5 menit. 

Ini dilakukan karena dikhawatirkan ada masalah dengan supply listrik pada notebook / laptop yang bisa mengakibatkan gangguan pada kerja prosesor, memori, dan atau IC trtentu pada board.
  • Dengan dipasangkannya kembali bateray setelah dilepas selama kurang lebih 5 menit ini bisa membuat electricity reset pada seluruh perangkat keras notebook/netbook yang bekerja, sehingga memungkinkan kinerja prima seluruh hardware seperti awal laptop dinyalakan (dengan syarat tidak ada hardware yang rusak).

3. Melepas beberapa part yang menempel pada board, terutama kipas processor dan processornya sendiri ( juga kabel flexible LCD ). 

Ini dilakukan karena shock (karena terlalu panas atau karena listrik tidak stabil) yang terjadi pada SIDOMM bisa juga terjadi pada perangkat lain yang menempel pada board. Setelah itu coba bersihkan seluruh hardware tersebut dari debu kemudian pasang kembali.

4. Melepas SODIMM memory yang terpasang dibagian belakang laptop atau notebook. 

Ini hampir sama dengan penjelasan no 2 diatas. Memory SODIMM pada notebook / laptop kadang mengalami shock pada saat pemakaian, dikarenakan kinerja yang terlalu berat yang berdampak pada kenaikan suhu ekstrem para perangkat - perangkat yang bekerja pada laptop / netbook. Dan hal tersebut terkadang tidak dapat kembali normal hanya dengan me-reset power (shutdown) saja. Karena hakikatnya ketika mesin laptop mati, sesungguhnya masih terjadi aktifitas kelistrikan didalam laptop karena baterai yang masih menancap.
Catatan : sebelum melepas memory, WAJIB hukumnya melepas baterai.

5. Bersihkan vga chipsetnya 

Jika tetap tidak bisa maka, solusi yang terakhir yaitu dengan cara diblower vga chipsetnya, karena biasanya vga juga bisa bermasalah pada penggunaan laptop / notebook yang terlalu panas, biasanya terjadi pada laptop seri compaq cq40.

baca juga :
Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis Dengan Sendirinya
Cara Mengatasi Layar HP Tiba - Tiba Mati Sendiri

Demikian beberapa cara mengatasi masalah layar LCD laptop / PC/ notebook mati secara tiba-tiba. Adapun kerusakan yang terjadi pada layar LCD laptop biasanya terjadi dengan diawali dengan terdapatnya dot pixel pada LCD yang semakin lama semakin banyak, lalu mati atau garis-garis, layar buram pada sisi tertentu. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah tersebut, sekian dan terima kasih.

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.