Tips Sebelum Membeli Action Cam Agar Mendapatkan Kamera Terbaik

The best action camera - Bagaimana cara memilih action cam terbaik agar tidak salah pilih sebelum membeli ?  Saat ini kita harus selektif sebelum membeli action camera karena demam action kamera (kamera aksi) semakin populer di kalangan penggemar fotografi ataupun orang yang hobi dengan traveling belakangan ini. Kamera aksi menjadi populer belakangan ini dengan alasan terdapat banyak kemudahan serta kegunaan yang disuguhkan oleh action camera sehingga banyak orang pecinta foto selfie lebih memilih action cam dibandingkan dengan kamera digital.

Action Camera merupakan sebuah kamera dengan fitur khusus dalam pengambilan sebuah gambar atau video di luar ruangan (outdoor) tanpa kita khawatirkan akan terjadi kerusakan pada kamera tersebut. Selain untuk aktifitas extreme, fungsi dari action cam ini juga dapat digunakan sebagai kamera pengintai sehingga acara televisi seperti uji nyali mulai menggunakan camera action ini. Kelebihan lain yang dapat dilakukan menggunakan action camera adalah pengambilan gambar ketika kita sedang didalam air. Dengan segala kelebihan yang ada pada action camera tentu kita akan berpikir adakah action camera yang bagus dan murah sebelum kita akan membeli kamera tersebut.

Sekarang ini terdapat beberapa Action Camera yang cukup populer di Indonesia, salah satu contoh action cam yang terkenal tersebut adalah Xiaomi Yi, gopro action camera, SJCam, Sony, Brica B-Pro dan BlackView. Apabila anda tertarik terhadap merk action kamera populer yang telah kami sebutkan tersebut, pada pertemuan kali ini kami akan membagikan beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan sebelum membeli action camera.

Tips Sebelum Membeli Action Cam Agar Mendapatkan Kamera Terbaik

Action cam


Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli action camera agar mendapatkan kamera terbaik adalah :

1. Fungsi Action Camera


Fungsi dari action cam saat ini tidak lain digunakan untuk memperoleh sebuah foto dan video dengan resolusi tinggi pada berbagai tempat tanpa harus takut kamera tersebut rusak. Casing action camera sangatlah kuat karena action cam mempunyai perlindungan pada bagian casing sehingga tidak akan mudah hancur saat jatuh. Kamera aksi juga dapat digunakan didalam air, hal tersebut dikarenakan casing action camera juga kedap air sehingga akan tetap aman saat dibawa berenang. Selain itu terdapat beberapa casing action camera juga dilengkapi dengan dudukan khusus, untuk memberikan kemudahan ketika ditaruh di berbagai tempat seperti helm, sepeda motor, mobil, papan selancar dan lainnya.

2. Kualitas Video


Sebenarnya fungsi utama action camera adalah untuk membuat sebuah video. Beberapa action camera pada saat ini sudah dapat membuat kamera sebuah video dengan resolusi 720p hingga 4K (3840 x 2160). Disamping itu, untuk video resoulusi standar (720p - 1080p) sehingga kamu dapat memperoleh frame rate tinggi hingga 240fps. Untuk menciptakan sebuah video SloMo (Slow Motion), resolusi standart akan sangat membantu. Format hasil sebuah video yang didapat dari action camera juga harus diperhatikan. Kita harus memastikan formatnya .mp4 dengan codec H.264 supaya dapat lebih mudah digunakan dan diedit melalui gadget lainnya.

3. Baterai


Baterai merupakan hal yang cukup penting di setiap action camera. Agar kita dapat memiliki sebuah action camera dengan rekaman video dan foto lebih banyak kita membutuhkan action cam dengan baterai yang besar. Salah satu action camera dengan kapasitas baterai besar adalah  GoPro HERO4 memiliki baterai 1160 mAH dengan kapasitas baterai sebesar HERO4, action cam ini dapat merekam video 4K 30fps kurang lebih selama 1 jam 5 menit dengan catatan WiFi dalam keadaan mati.

4. Daya Tahan


Action kamera tetap mempunyai batas maksimal kekuatannya sendiri, walaupun sering digunakan diluar ruangan. Sebagai contoh sebuah action cam merk GoPro HERO4, kamera ini mampu menyelam hingga kedalaman 40 meter karena mendapatkan bantuan dari casing tambahan. Selain itu ada pula kamera ION Air Pro 3 yang memiliki kelebihan mampu menyelam hingga kedalaman 15 meter tanpa menggunakan casing.

5. Beli Aksesoris Tambahan Jika Diperlukan


Sebagai contoh yang perlu kita ketahui bahwa xiaomi yi action camera biasanya dijual terpisah dengan aksesorisnya sehingga kita harus membeli aksesoris secara terpisah. Berikut akan kami bagikan daftar aksesoris yang biasanya diperlukan oleh action camera :

Memori Micro SD, disarankan class 10
Monopod (Rekomendasi Monopod Murah Berkualitas Action Cam)
Waterproof Case (Video Review Waterproof OEM dan Kingma)
Tas Kamera atau Shockproof Bag
Battery Cadangan
Silicon Case + Lens Cap

6. Fitur Pendukung


Fitur pendukung action camera menjadi hal terakhir yang harus kita diperhatikan. Beberapa contoh fitur pendukung yang cukup berguna :
  • WiFi
  • Burst
  • Time Lapse
  • Night Lapse
  • Support MicroSD
  • Support Playback to HDMI
  • ISO, Exposure, White Balance dan Wide Angle.

Keunggulan yang sudah banyak terdapat pada action camera saat ini adalah WiFi. Kita dapat mengambil gambar dan video langsung melalui smartphone Android atau iOS yang kamu punya cukup dengan menghubungkannya melalui WiFi..

Baca juga artikel menarik lainnya :
Cara Mengatasi Masalah Pada Xiaomi Yi Action Camera
Cara Menggunakan Action Camera Untuk Mendapatkan Hasil Foto Terbaik

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja kita mengulas tentang bagaimana memilih action camera sebelum membelinnya. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang akan membeli action kamera tersebut, sekian dan terima kasih ..

0 komentar

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.