Cara Mengatasi Laptop Bootloop Tidak Bisa Masuk Ke Windows

Laptop / komputer bootloop sering restart - Bagaimana cara mengatasi laptop / komputer yang sering restart sendiri sehingga tidak bisa masuk pada windows ? Laptop bootloop tidak bisa masuk ke windows merupakan suatu permasalahan yang sering kita temukan di beberapa komputer karena prosesnya berhenti ditengah jalan atau tidak sempurna proses booting pada suatu komputer / laptop. Terkadang kejadian laptop yang tiba - tiba restart sendiri membuat kita takut akan terjadinya error pada komputer yang kita miliki, sehingga kita ingin sesegera mungkin memperbaiki komputer kita yang gagal booting saat mau masuk ke windows ini.

Jika masalah komputer error tidak bisa masuk windows bersumber dari sistem operasi Windows, biasanya cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan instal ulang windows. Akan tetapi banyak pengguna laptop yang kurang menyukai cara ini untuk memperbaiki laptop sering resart karena selain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk prosesnya, kita juga harus direpotkan dengan menginstall aplikasi yang sering digunakan dan juga data pada drive C biasanya akan hilang. Sebelum kita membahas lebih jauh, berikut terdapat beberapa penyebab komputer anda gagal booting atau bootloop :
  • Kesalahan proses update windows.
  • Menggunakan Activator Windows 7 yang tidak sesuai.
  • Memakai aplikasi Windows 7 Loader yang tidak sama dengan sistem komputer.
  • Proses uninstalling yang tidak selesai.
  • Hardware kepanasan
  • Terjadi crash Master Boot Record.
  • Salah ganti komponen Registry pada regedit.exe di HKEY LOCAL MACHINE.
  • Terinfeksi oleh virus.

Pada artikel TechnoEcho kali ini, akan mencoba memberikan beberapa tips yang biasa kami lakukan jika komputer / laptop tidak bisa masuk windows. Jadi anda tidak perlu terburu - buru membawa komputer / laptop ke tukang service untuk memperbaiki komputer / laptop gagal booting, simak tips untuk mengatasinya dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Bootloop Tidak Bisa Masuk Ke Windows

cara mengatasi komputer tidak bisa masuk windows


1. Cara Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Safe Mode

 

Untuk memperbaiki komputer / laptop sering restart anda dapat mencoba melakukan booting melalui Safe Mode. Untuk menampilkan Safe Mode bagi pengguna Windows 7, anda harus restart kembali PC, dan secepatnya tekan tombol F8. Nantinya akan tampilan pilihan menu yang salah satunya akan menampilkan pilihan Safe Mode. Jika cara ini bisa membuat kamu masuk ke Windows, berarti permasalahan terletak pada driver atau aplikasi yang membuat crash atau bisa pula terjangkit virus.

2. Cara Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Booting dari Linux

 

Cara lain untuk memperbaiki komputer / laptop sering restart anda dapat mencoba melakukan booting menggunakan bantuan CD Linux seperti Ubuntu atau Linux Mint ( dapat juga menggunakan distro Linux yang lain ). Lakukan booting dari sini dan lihat apakah sistem tersebut bisa bekerja dengan baik. Apabila dengan cara ini anda berhasil masuk ke dalam sistem operasi Linux dengan lancar, itu artinya permasalahan terdapat pada Windows anda dan solusi yang perlu dilakukan adalah instal ulang.

3. Cara Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows Dengan Menggunakan CD / DVD


Cara paling mudah untuk memulihkan komputer yang sering restart tidak dapat masuk ke windows adalah dengan cara repair windows. Caranya adalah masukkan CD instalasi windows kemudian ubah BIOS untuk mencoba start-up via CD atau DVD-ROM, kemudian setelah instalasi masuk ke bagian install windows maka pilih opsi repair windows. Apabila repair windows gagal anda dapat menginstal windows pada folder baru atau lakukan format hard disk. Pastikan bahwa anda tidak merubah setting BIOS sebelumnya. Jika memang anda telah merubah setting BIOS maka kembalikan setting BIOS seperti semula. Jika anda lupa, sebaiknya pilih Loading BIOS Default.

4. Cara Terakhir Mengatasi Komputer / Laptop Restart Tidak Bisa Masuk Windows 

 

  1. Langkah pertama hidupkan komputer atau laptop anda.
  2. Ketika muncul tampilan BIOS, tekan F12 atau F2 untuk merubah setting Booting.
  3. Lalu masukkan CD/DVD Master Windows anda.
  4. Setelah itu pada panel BIOS, pilih BIOS Configuration untuk mengubah First Boot menjadi ke CD/DVD. Atau jika anda menggunakan flashdisk yang digunakan untuk instal windows, silahkan ubah First Boot menjadi USB.
  5. Langkah selanjutnya ubah urutan First Bootnya dari Harddisk ( SATA ), menjadi CD /DVD.
  6. Setelah itu SAVE.
  7. Selanjutnya restart komputer anda.
  8. Kemudian akan muncul tulisan ' Press Any Key From Boot to CD/DVD . . . ' Tekanlah tombol apapun pada keyboard anda.
  9. Selanjutnya untuk repair computer pilih Repair Your Computer.
  10. Tunggu beberapa saat.
  11. Click Next.
  12. Terakhir akan muncul jendela yang mempunyai 5 pilihan utnuk anda. Contohnya saja : Pilih Startup Repair jika Windows anda masih normal. Jika Anda pernah melakukan backup silahkan pilih System Restore. Jika anda pernah melakukan restore point image, pilih System Image Recovery. Jika tidak keduanya pilih opsi Command Prompt.

Jika anda memilih menggunakan Command Prompt pada bagian nomor 10 diatas akan muncul kotak berwarna hitam seperti cmd / dos. Dan ikuti langkah - langkah sebagai berikut ini :
  1. Petama - tama ketik DIR C
  2. Setelah itu ketiklah salah satu opsi yang akan muncul pada layar PC anda ( satu persatu tidak sekaligus ) mulailah dari yang paling atas. Kemudian tekan ENTER.
  3. Lalu jika anda sudah menemukan tulisan ' The operation completed succesfully ' silahkan restart komputer. Tidak perlu menulis semua perintah diatas. Jika telah melakukan semua perintah diatas, namun belum ada yang berhasil, maka lakukan pemulihan pertama yaitu Startup Repair. Akan tetapi Anda harus mengubah First Boot kembali ke Hard disk jika sudah selesai perbaikan.

baca juga artikel lainnya :
Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Dicas / Tidak Mengisi
Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Sendiri Secara Tiba - Tiba

Demikan artikel kami kali ini yang telah mengulas beberapa cara mengatasi PC bootloop sering restart sehingga tidak bisa masuk pada windows. Apabila keempat cara diatas telah anda lakukan akan tetapi anda gagal, maka terdapat kemungkinan bahwa salah satu hardware anda mengalami kerusakan. Sering kali kerusakan hardware yang terjadi adalah pada Memory Harddisk VGA dan bisa saja Mainboard juga rusak, namun kecil kemungkinan jika kerusakan hardware itu terjadi. Sekian dan terima kasih ..

2 komentar:

  1. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.