Juni 12, 2019

TERBONGKAR ! Memperbaiki Baterai Tanam HP Android Yang Sudah Ngedrop

baca juga :




TechnoEcho - Langkah apa yang harus kita lakukan sebagai cara memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop pada smartphone android yang kita miliki. Tentu kita pernah mengalami kondisi dimana hp android memiliki persentase baterai 70% mendadak menjadi 20% padahal tidak digunakan sama sekali.

Baterai hp berkurang padahal tidak dipakai secara tiba tiba tersebut sering dikenal dengan istilah "ngedrop". Penyebab baterai hp yang ngedrop itu sendiri dapat terjadi karena adanya kerusakan pada baterai ponsel itu sendiri, misalnya saja baterai hp yang bocor atau juga batre melembung. Namun tidak menutup kemungkinan batre hp ngedrop disebabkan karena kerusakan pada software perangkat android tersebut.

Mengganti baterai hp android dengan yang baru adalah solusi terbaik untuk memperbaiki baterai hp yang sudah ngedrop jika memang batre hp sumber permasalahnnya. Namun jika kerusakan berasal dari software hp android, cara membuat baterai hp yang ngedrop dapat kembali awet dapat kita simak pada ulasan berikut ini.

Solusi Untuk Mengatasi Baterai HP Android Yang Sering Drop

cara mengatasi baterai hp android ngedrop

Penyebab Baterai HP Android Sering Ngedrop

Sebelum kita mulai membahas langkah - langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi baterai android yang cepat habis tersebut alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui beberapa penyebab baterai android tiba - tiba mendadak mati tersebut.

Penyebab baterai hp sering ngedrop diantaranya adalah :

1. Penggunaan baterai hp android yang palsu atau tidak original, karena penggunaan baterai palsu sangat berpengaruh untuk daya tahan baterai di waktu yang lama jika diambil perbandingan antara baterai android original dengan yang palsu akan didapat perbandingan 11 : 16.

baca juga :


2. Salah satu faktor yang membuat hp android yang ngedrop adalah kurang baiknya kita dalam menggunakan ponsel android yang kita miliki, misalnya saja seperti :
  • Sering melakukan pengisian baterai yang tidak menunggu sampai penuh, baru 1/2 daya baterai terisi sudah digunakan kembali.
  • Saat pengisian baterai mungkin baru mengisi beberapa menit dan belum full, charge dilepas terus discharge lalu dilepas lagi.
  • Kebiasaan mengisi daya baterai / mengecharge baterai terlalu lama, padahal standarisasi pengisi daya baterai kurang lebih hanya 2 jam saja. Li-ion sehingga baterai akan kembung, tetapi ada juga jenis baterai yang waktu pengisiannya membutuhkan waktu antara 3-4 jam yaitu baterai Li-ion 3.7v pada HP Huawei C2605 yang dapat bertahan hingga 1 minggu.
  • Terlalu lama dan terlalu sering menggunakan ponsel android untuk menelpon, selain membahayakan kesehatan karena radiasi dari smartphone. Penggunaan hp untuk telfon yang lama dan dilakukan setiap hari adalah dapat menjadikan baterai hp andoid kembung.

Cara Atasi Batre HP Android Ngedrop Tanpa Root

  1. Pertama - tama hidupkan ponsel android, cas hape sampai penuh 100%, lalu ketika baterai sudah penuh matikan ponsel tersebut
    Kemudian dalam kondisi mati, charge hp android kembali sekitar 1 sampai 2 jam
  2. Setalah itu nyalakan kembali ponsel anda jika persentase baterai sudah 100% (dalam kondisi charger terpasang / tidak dicabut)
  3. Jika smartphone android tersebut sudah menyala, cabut kabel charger kemudian gunakan ponsel sampai kehabisan baterai
  4. Diamkan ponsel sekitar 15 menit tanpa menghubungkan charger saat ponsel mati total karena kehabisan daya baterai tersebut
  5. Setelah itu charge ponsel dalam keadaan mati (tidak di nyalakan)
  6. Tunggu hingga 100%, setelah itu nyalakan kembali tanpa mencabut kabel charger
    Langkah terakhir cabut charger dan gunakan ponsel seperti biasa dan proses kalibrasi telah selesai (jika notifikasi batre habis muncul maka segeralah untuk mengechargenya kembali sebelum kehabisan baterai)

Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, kalibrasi baterai android tanpa root menjadi salah satu cara memperbaiki kapasitas baterai yang error / tidak akurat paling aman.
penyebab persentase baterai hp android tidak akurat

Namun sebelum dapat melakukan langkah - langkah di atas, ada beberapa hal yang perlu untuk kita pastikan terlebih dahulu seperti berikut ini :

  • Baterai tidak terkena air atau terendam air
  • Kondisi fisik baterai tidak mengalami kebocoran
  • Kondisi fisik baterai tanam tidak menggembung
  • Bebas dari kerusakan fisik lainnya

baca juga :


Akan tetapi jika kondisi baterai terlalu cepat drop dan mengakibatkan hp android mendadak mati total tidak bisa hidup, maka kita perlu melakukan kejut baterai smartphone dengan cara seperti di bawah ini.

Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total Karena Baterai Yang Gampang Ngedrop

  1. Pertama - tama setelah baterai yang digunakan habis atau Lowbert, coba kosongkan isi baterai yang tersisa dengan Charger jepit (Omnipotence Travel Charger output:4.3v - 150mA) lalu colokan pada saklar listrik, dalam pengisian dibutuhkan waktu antara 3 sampai 4 hari sampai lampu Led pada Chargernya mati yang menandakan bateri anda telah kosong, dan lepaskan dari saklar listrik.
  2. Setelah itu jangan lepaskan terlebih dahulu Baterai dari Charger jepitnya, dan pasangkan ke saklar listrik PLN yang sesuai dengan (+) (-) pada Charger Jepit, pasangkan selama 15 saja lalu lepas kan baterai dari Charger Jepit.
    cara service baterai hp yang gampang ngedrop
  3. Kemudian masukan Baterai pada HP anda, lalu charge selama 2 jam saja atau sampai baterai anda terisi full.

UPDATE ! HP Android Batre Tanam Mati Total Saat Dihidupkan 


Mungkin jika baterai hp android yang kita miliki bukanlah jenis baterai non removeble / batre tanam dengan cara di atas kita bisa menghidupkannya kembali. Tapi bagaimana jika hp yang kita miliki adalah tipe hp baterai tanam ?

Jadi jika anda mengalami masalah hp android sudah di cas penuh dalam kondisi mati tapi ketika dihidupkan hp mati lagi, solusinya adalah dengan mengganti baterai tanam yang baru.

Namun apabila kalian tidak mau menggantinya, ada sedikit tips yang bisa untuk di coba. Yaitu dengan menjumper resistor baterai.

Untuk menjumper resistor baterai tanam kita perlu membuka solasi pada baterai kemudian cari bagian resistornya, biasanya akan di tandai dengan huruf H.

Lalu jumper resistor satu ke lainnya seperti gambar di bawah ini,

baterai tanam ngedrop

Namun saat kalian menghubungkannya, berhati hati dengan pinset yang digunakan. Jangan sampai tersenggol oleh bagian lain karena hal itu akan menimbulkan sedikit percikan, seperti ngeshort.

Dengan begitu baterai tanam yang ngedrop tersebut bisa kita gunakan kembali untuk menghidupkan ponsel android yang kita miliki tanpa harus menggantinya.

Kesimpulannya ..

Kita tidak perlu untuk langsung mengganti baterai hp android karena dengan melakukan suatu kalibrasi baterai sebagai cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis tersebut. Namun dengan harapan setelah mencoba tips dari kami ini, kita tidak perlu lagi pusing - pusing memikirkan masalah baterai hp android yang tiba - tiba habis padahal baru saja di cas / dicharge.

Demikian artikel kami yang baru saja membahas cara memperbaiki baterai hp android yang ngedrop pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami diatas dapat mengembalikan kondisi baterai hp android anda agar awet kembali. Sekian dan terima kasih

Semua tutorial akan dicoba pada Channel Youtube saya. Open chat via whatsapp !


Diberdayakan oleh Blogger.