April 13, 2020

Solusi Sinyal Hilang Setelah Flash Pada Hp Android

baca juga :




Bagaimana cara mengatasi sinyal hp android hilang setelah flash ?

Banyak pengguna hp android yang sering kali kebingungan karena sinyal hp hilang total setelah update rom ke versi lebih tinggi. Misalnya saja, hp tidak ada sinyal setelah merubah versi android dari lollipop ke android 8.0 atau menjadi custom rom gaming.

Hal ini terjadi sering kali akibat proses flashing android yang gagal, biasanya ditandai dengan munculnya masalah seperti :

IMEI hilang(null), Rusaknya partisi EFS, kartu sim tidak terdeteksi (no SIM Card), Sinyal hilang (Unknown basedband), Wifi dan Bluetooth tidak bisa menyala / tidak bisa aktif.

Apabila sudah terjadi hal semacam itu, lalu bagaimana cara mengatasi imei hilang setelah flash hp android tersebut ?

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini TechnoEcho akan mencoba membagikan langkah - langkah yang harus dilakukan jika sinyal hp android hilang total karena kesalahan saat melakukan flash hp android tersebut.


Penyebab Sinyal HP Hilang Setelah Flashing


Setelah melihat kejadian seperti itu maka dapat dikatakan pengaruh dari rom atau firmware yang tidak sesuai yang menjadi penyebab sinyal android hilang setelah di flash.

Selain itu terkadang hp android tidak dapat mendeteksi kartu sim dari operator indonesia juga dikarenakan imei hilang di android yang disebabkan oleh rom yang tidak resmi atau unofficial.

Maka dari itu jangan heran jika sinyal tidak muncul pada ponsel android yang anda miliki apabila anda menggunakan custom rom yang tidak sesuai atau tidak menyertakan modem / radio untuk region Indonesia.

Contoh "sinyal hp xiaomi hilang total" :

Jika kamu akan melakukan flash hp untuk mengembalikan sinyal yang hilang tersebut sebaiknya gunakan ROM MIUI Global, jangan custom rom yang tidak sesuai dengan bawaan hp xiaomi tersebut.

Jadi apabila sinyal hp kamu tiba - tiba hilang setelah di flash maka langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengembalikan sinyal hp tersebut menggunakan stock ROM Android / firmware resmi untuk regional Indonesia.

Dengan tujuan agar sinyal hp kamu tersebut dapat dipakai untuk menggunakan operator seluler yang ada di Indonesia.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Setelah HP Android Di Flash


cara mengatasi sinyal android hilang setelah flash

1. Pastikan Firmware ROM Sesuai Bawaan HP


Masalah sinyal hp android error tidak muncul setelah di flash juga dapat disebabkan firmware / ROM yang tidak sesuai.

Dapat kamu buktikan dengan melakukan flashing Xiaomi Redmi 3 namun yang kamu gunakan adalah rom Xiaomi Redmi 3 Pro. Dapat dipastikan kamu akan menjumpai masalah sinyal hp hanya muncul tanda silang saja.

Hal ini disebabkan karena ketidakcocokan pada sisi firmware, meskipun sama - sama redmi 3 namun dalam segi firmware Redmi 3 biasa (16GB) dan versi Pro (32GB).

2. Cek IMEI Dengan Kode Android


Mungkin anda masih bertanya - tanya akan penyebab nomer imei hilang setelah smartphone android di flash sehingga dapat mengakibatkan sinyal hp android yang error dan sering hilang timbul tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut coba lakukan pengecekan nomer imei hp android dengan menggunakan kode sinyal hp setelah sinyal ponsel android hilang pasca flashing.

caranya :

  1. Masuk ke dial phone.
  2. Kemudian ketik *#06#.

Jika muncul "imei tidak valid / null" maka dapat dipastikan penyebab hp android tidak ada sinyal berasal dari efek imei hilang tersebut.

Akan tetapi jika data seluler sudah aktif namun hp android tidak bisa konek internet maka terdapat faktor lain yang menjadi penyebabnya.

baca juga : 


3. Mengembalikan Nomer IMEI Yang Hilang Setelah Flashing HP

cara mengatasi imei tidak valid di android

Setelah melihat penjelasan dari penyebab masalah sinyal android hilang setelah flash diatas maka dibawah ini akan kami coba berikan langkah - langkah untuk memperbaiki imei tidak valid di android yang berdampak sinyal menjadi hilang total.

Berikut langkah - langkahnya :

  1. Pertama - tama kita unduh terlebih dahulu file IMEI_mtk.exe melalui >> http://www.4shared.com/zip/0M0EeJv0/imei_mtk.html?
  2. Setelah itu ganti nama file tersebut menjadi IMEI_mtk.zip
  3. Kemudian jangan lupa untuk mematikan seluruh antivirus di pc karena file tersebut akan salah terdeteksi sebagai malware.
  4. Extrack filenya.
  5. Catat No. IMEI yang dapat kita lihat pada body HH anda di bawah baterai.
  6. Langkah selanjutnya masuk ke folder hasil extrackan tadi, kemudian klik file dos.cmd setelah itu Command Prompt akan membuka.
  7. Langkah berikutnya ketik imei.exe (spasi) IMEI 1 yg anda catat (spasi) IMEI 2 yang sudah kita catat sebelumnya lalu tekan enter. Contoh : imei.exe 311112570004264 311112570004264
  8. Setelah itu akan ada File MP0B_001_NEW di folder IMEI_mtk. Ganti nama file tersebut menjadi MP0B_001 kemudian copy ke SD Card.
  9. Selanjutnya hapus file MP0B_001 yang ada di HH anda di directory/data/nvram/md/NVRAM/NVD_IMEI. Lalu ganti dengan file MP0B_001 yang kita copy ke SDCard tadi.
  10. Dan Restart HH
  11. Untuk mengecek nomer imei android lihat dengan menekan kode di dialer *#06#, apakah IMEI sudah kembali
  12. Jika IMEI sudah kembali maka pekerjaan kita sudah selesai. Akan tetapi jika imei masih hilang dan tidak mau muncul maka lakukan step selanjutnya.
  13. Pada langkah ini kita gunakan spflashtool, maka driver vcom bekerja dengan baik adalah menjadi syarat utamanya.
  14. Matikan HH kemudian lepas baterai android, kemudian buka spflashtool, load scatter yang sesuai hh anda. Hilangkan cek di semua list. Klik "Format", pilih "Auto Format Nand Flash", kemudian pilih "Format NVRAM Bin Region ONLY", klik OK.
  15. Masukkan batere, lalu konekkan hh ke pc.
  16. Lingkaran hijau keluar, pekerjaan dengan spflashtool selesai. Ulangi step 12 sampai 14.
  17. Selesai.

Hal yang harus kita perhatikan disini :

Mengganti IMEI dengan no yang tidak sama adalah ILEGAL, maka hanya masukkan IMEI yang tertera di body HH / dus box anda.

Apabila nomer IMEI tidak valid maka sinyal atau jaringan internet tidak akan dapat dikoneksikan, untuk membuatnya normal kembali cukup dengan mengganti imei sesuai dengan yang ada pada bodi hh + factory reset.

4. Hapus Isi Nvram Setelah Custom ROM


Namun apabila setelah kita melakukan Custom ROM pada smartphone android yang kita miliki namun yang terjadi malah sinyal tiba tiba hilang total, dapat kamu coba untuk mengembalikan sinyal tersebut dengan cara berikut ini :

  1. Setelah sudah berhasil install romnya silahkan dicek kembali apakah ada masalah dengan sinyal sim 1 dan 2. Apabila memang custom rom membuat jaringan hilang total pada hp android yang kita miliki, maka coba cara dibawah ini.
  2. Apabila ROM yang kita gunakan sudah menyediakan aplikasi root explorer, maka aplikasi inilah yang nanti akan kita gunakan untuk memperbaiki.
  3. Namun apabila tidak ada aplikasi root explorer di rom yang diinstal maka cari di playstore.
  4. Buka aplikasi root explorer kemudian ikui langkah selanjutnya dibawah ini.
  5. Masuk ko root >> data  >> Nvram, kemudian hapus isi dalam folder nvram tersebut. Setelah itu restart hp android yang kita miliki dan periksa apakah sinyal sudah muncul kembali atau belum.

Akhir Kata ..

Demikian postingan kami pada kesempatan kali ini mengenai cara mengembalikan sinyal yang hilang pada hp android setelah di flash yang berdampak pada hilangnya nomer imei.

Semoga postingan saya diatas dapat bermanfaat untuk kita semua serta dapat menjadi solusi dari masalah sinyal android hilang setelah flash, sekian dan terima kasih ..

Semua tutorial akan dicoba pada Channel Youtube saya. Open chat via whatsapp !


Diberdayakan oleh Blogger.