Cara Membuat Hp Android Support OTG


baca juga :

Trik membuat android support usb otg - Bagaimana cara membuat hp android support otg dengan mudah ? Tahukah anda bahwa sekarang ini kita terdapat sebuah cara agar flashdisk terbaca di android meskipun smartphone tersebut belum mendukung fitur usb otg. Untuk menjadikan smartphone android yang tidak mendukung kabel otg namun tetap dapat mendeteksi flashdisk otg terdapat dua cara, yaitu harus menggunakan akses root dan juga membuat android support otg tanpa root. Selain itu supaya flashdisk dapat konek di ponsel android dibutuhkan aplikasi otg untuk android yang bisa kita dapatkan melalui google playstore.

Untuk itu tidak ada salahnya jika kita mencoba trik membuat android support usb otg karena siapa tahu HH kita support dengan trik ini. Mengingat terlalu cepat penuhnya memori internal yang kita miliki untuk menyimpan foto maupun video, lalu bagaimana cara menjadikan hp android support otg tanpa root ? Namun pada kesempatan ini kami akan mencoba share tips agar smartphone android bisa membaca flashdisk dengan akses root terlebih dahulu. Maka dari itu diperlukan sebuah otg android apk agar flashdisk dapat berfungsi pada android yang tidak support fitur otg.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba berbagi sebuah cara mengaktifkan usb otg pada ponsel android dengan mudah. Akan tetapi sebelum itu kita perlu melakukan root terhadap smartphone android yang kita miliki terlebih dahulu. Dan agar dapat mengatasi masalah usb otg tidak terdeteksi tersebut, kami menggunakan bantuan aplikasi otg android usb host check. Mari langsung saja kita bahas secara lengkap cara mengaktifkan usb otg di ponsel android yang tidak support fitur otg pada ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Hp Android Support OTG

cara membuat android support otg


Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara membuat android menjadi support usb otg tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa itu otg. On The Go atau yang sering kita kenal dengan sebutan OTG adalah sebuah fitur yang digunakan oleh sebuah smartphone untuk mentransfer data Hp Android ke media penyimpanan atau sebagai konektor charger usb android. Dimana pada dasarnya fungsi dari fitur OTG itu sendiri memang untuk membantu untuk mempercepat transfer data dari ponsel Android ke flashdisk secara langsung.

Namun sayangnya fitur usb otg tersebut tidak terdapat pada semua tipe hp android melainkan hanya ada ponsel android keluaran terbaru sekarang ini. Untuk itu kita perlu merubah kernel smartphone android dengan melakukan root agar hak akses untuk mengaktifkan permission usb host bisa kita dapatkan. Langsung saja kita ikuti langkah - langkah membuat android support OTG sebagai berikut :

Cara Mudah Mengaktifkan OTG Di Android


1. Pastikan hp android sudah dalam kondisi di root
cara membuat android support otg

Memastikan ponsel yang kita miliki sudah di-root merupakan langkah awal agar flashdisk bisa terdeteksi di android. Dengan bantuan aplikasi framaroot kita dapat mengetahui smartphone android tersebut sudah berhasil apa belum. Untuk membuat android support otg perlu dilakukannya root terlebih dahulu karena dengan root kita bisa menambah, mengurangi atau memodifikasi file - file yang ada di smartphone Android.

2. Pasang aplikasi USB Host Check
cara membuat android support otg

Kemudian pada langkah yang ke dua ini yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menginstall aplikasi USB HOST CHECK. Kita dapat mengetahui smartphone android yang kita miliki merupakan sebuah ponsel android yang support otg atau tidak dengan memeriksanya menggunakan aplikasi USB Host Check ini. Untuk mendapatkan aplikasi otg android ini, kita bisa mengunjungi "https://play.google.com/store/apps/details?id=org.tauruslabs.usbhostcheck".

3. Pastikan adanya file dengan nama "android.hardware.usb.host.xml"
cara membuat android support otg

Biasanya setelah proses install aplikasi USB Host Check akan muncul notifikasi "It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed" yang memberitahukan tidak adanya file yang membuat ponsel android support otg. Oleh karena itu agar smartphone bisa dikoneksikan dengan otg maka kita perlu membuat file "android.hardware.usb.host.xml" menggunakan aplikasi notepad ataupun notepad ++.

4. Buat File "android.hardware.usb.host.xml"
cara membuat android support otg

Langkah berikutnya untuk membuat hp android yang kita miliki dapat support otg adalah dengan membuat file menggunakan aplikasi notepad di komputer. Dimana didalam file tersebut isikan kode sebagai berikut :
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?><permissions><feature name="android.hardware.usb.host" /></permissions>
Setelah itu lakukan save as dengan nama "android.hardware.usb.host.xml" dan pastikan sekali lagi untuk ekstensi nama file haruslah ".xml" dan tipe file harus "All file". Hal ini perlu dilakukan dengan benar agar hp android yang kita miliki bisa konek usb otg.

5. Pindah File "android.hardware.usb.host.xml" ke ponsel android

Pindahkan file "android.hardware.usb.host.xml" di smartphone Android yang kita miliki pada folder etc / permission. Folder permission ini penting agar kita bisa mendapatkan akses untuk membuat Android support OTG. Selain itu untuk memindahkan file "android.hardware.usb.host.xml" tersebut kita dapat menggunakan bantuan aplikasi Root Explore.

6. Buka Kembali Aplikasi USB Host Check
cara membuat android support otg

Setelah memindahkan file selanjutnya buka kembali aplikasi USB Host Check dan pilih "re-check". Jika memang tidak ada masalah, maka semua akan dicentang hijau yang artinya ponsel Android yang kamu gunakan ini sudah support OTG.

Maka dari itu kita wajib mencobanya untuk menghubungkan flashdisk ke smartphone android ketika melihat tampilan USB Host Check centang hijau semua. Dan jika cara ini berhasil maka kita dapat mempermudah dan mempercepat melakukan transfer data, file, gambar, dan video ke media penyimpanan lainnya karena hp android bisa support otg.

baca juga :

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara kita membuat smartphone android agar bisa dihubungkan dengan flashdisk (support otg). Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca disini, sekian dan terima kasih ..

artikel menarik lainnya :

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. semua smartphone android bisa suport otg juga min ?
    solder infrared

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.