Solusi HP Android Lemot Karena RAM Kecil Tanpa Root


baca juga :

HP Lemot - Bagaimana cara mengatasi hp android yang lemot ? Tidak dipungkiri banyak pengguna smartphone android sekarang ini yang sering mengeluhkan akan masalah hp android lemot karena ram kecil. Maka dari itu sekarang ini para vendor smartphone android gencar mengeluarkan ponsel android terbaru dengan ram yang besar dan harga yang murah tentunya. Hal ini bertujuan supaya hp android tidak lemot dan cepat panas meskipun digunakan untuk internetan maupun bermain game sekalipun.

Namun bagaimana bagi para pengguna handphone android yang masih didukung dengan kapasitas RAM yang kecil 512MB hingga 1GB saja ? Selama belum memiliki budget untuk membeli sebuah smartphone dengan kapasitas RAM yang besar, cara setting hp android agar tidak lemot yang sering kita lakukan adalah dengan me-root smartphone tersebut. Namun bukan menjadi sebuah keberuntungan bukannya mengatasi hp android yang lemot justru sering kali malah setelah di root hp menjadi cepat panas. Jika mencoba untuk mencari cara dan aplikasi agar android tidak lemot tanpa root, pasti sumber di internet menyarankan untuk menghapus ataupun memperbarui aplikasi yang ada pada ponsel android yang kita miliki.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami TechnoEcho akan memberikan sebuah cara agar ram 512 tidak lemot. Tips yang akan kami sajikan kali ini merupakan langkah yang perlu untuk kita lakukan dalam memaksimalkan ram 512 android sehingga kita tidak memerlukan sebuah cara meringankan ram android tanpa root. Dan biasanya pada sebuah smartphone android dengan umur pemakaian yang lama sering kali ram hp penuh padahal aplikasi sedikit jika kita melihat pada status penggunaan ram di pengaturan ponsel android tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara membuat hp android ram kecil 512 tidak lemot dan sering ngehang saat digunakan bermain game secara lengkap di bawah ini.

Solusi HP Android Lemot Karena RAM Kecil Tanpa Root

cara mengatasi hp android lemot karena ram kecil

Sebenarnya meroot hp agar tidak lemot pada android juga dapat membantu untuk mengatasi lelet pada smartphone yang kita miliki. Akan tetapi sering kali kita tidak mengetahui langkah apa yang harus dilakukan setelah root berhasil selanjutnya. Hal inilah yang sering kali membuat kita menghadapi masalah hp android menjadi lemot dan lelet setelah di root.

Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa langkah sederhana dalam memperbaiki ponsel android yang sering ngleg karena lemot yang dapat kita lakukan sendiri. Dengan memaksimalkan performa ram 512 android, kita sudah dapat meringankan kinerja ram pada ponsel tersebut tanpa harus menambah kapasitas ram android dengan memori eksternal. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi hp android lelet dan cepat panas karena ram kecil yang digunakan untuk bermain game berikut ini :

Cara mempercepat kinerja hp android tanpa root


1. Perhatikan Kapasitas Memori
cara mengatasi hp android lemot karena ram kecil


  • Pada dasarnya selain RAM yang dapat mempengaruhi kinerja suatu smartphone adalah kapasitas memori internal dan tentu kita ketahui setiap tipe hp android pasti memiliki spesifikasi memori yang berbeda. Oleh karena itu jika hp android yang kita miliki mulai menjadi lemot alangkah baiknya jika memeriksa kapasitas memori internal yang ada. Apabila memori internal yang tersedia tinggal sedikit, cara mengatasi hp android lemot yang paling mudah adalah dengan menghindari menyimpan banyak data hingga memenuhi memori internal.

2.  Pasang Aplikasi Serbaguna

  • Kami sarankan jika anda ingin merasakan ponsel android tidak lemot saat digunakan untuk multitasking, sebaiknya hindari untuk memasang banyak aplikasi yang malah membuat memori internal jadi penuh. Lebih baik jika kita menginstall satu aplikasi namun memiliki banyak fungsi akan tetapi jika smartphone android yang kita miliki sudah diroot, Apps2S dapat direkomendasikan salah satu aplikasi multifungsi yang cukup baik.
  • Selain dapat digunakan untuk partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, aplikasi ini cukup membantu mengatasi hp android yang lemot setelah di root. Namun jika ponsel android yang kita miliki belum kita lakukan proses rooting maka dengan aplikasi Clean Master kita dapat memperoleh banyak fungsi seperti aplikasi tersebut.

3. Jangan Berlebihan Menginstall Antivirus

  • Perlu untuk kita ketahui bahwa pada dasarnya aplikasi anti virus berjalan di background setiap smartphone. Dimana kondisi seperti itu akan membuat RAM selalu bekerja dan dapat berdampak performa ponsel android menjadi lemot. Jadi jika hp android yang kita miliki menjadi sering melambat sekarang ini, kita perlu menghapus beberapa aplikasi antivirus jika kita telah memasang tidak hanya satu pada hp android yang kita miliki.

4. Manfaatkan fitur auto kill

  • Tentu kita akan sering menemukan banyak aplikasi di Recent Apps terlebih lagi jika kita adalah pengguna smartphone android yang sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus / multitasking. Apabila kita memiliki sebuah ponsel android dengan kapasitas ram yang kecil maka tindakan tersebut akan membuat hp android menjadi lemot karena ram semakin sesak. Oleh karena itu agar smartphone yang kita miliki tidak sering nghang maka gunakanlah fitur auto kill. Hal ini dikarenakan fitur auto kill mampu menghapus semua aplikasi yang berjalan pada sebuah ponsel android

5. Install Aplikasi Berbayar

  • Aplikasi gratisan yang ada pada google playstore merupakan suatu aplikasi yang wajib untuk dicoba oleh setiap pengguna smartphone android. Selain gratis dan mudah untuk kita dapatkan, aplikasi gratisan akan menjadi daya tersendiri jika aplikasi tersebut memiliki review yang bagus. Namun sadarkah anda jika aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di playstore terkadang membuat performa smartphone android menjadi melambat karena banyaknya iklan yang muncul pada aplikasi tersebut. Oleh karena itu langkah yang perlu untuk kita coba selanjutnya agar hp android tidak lemot adalah dengan mengunduh aplikasi berbayar yang ada.

6. Lakukan Pembaharuan Software
Cara Mengatasi Hp Android Yang Lelet


Salah satu fungsi dari melakukan pembaharuan software adalah untuk memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya dengan harapan dapat memberikan kelebihan pada software setelahnya. Walaupun sering kali yang kita alami justru membuat hp android menjadi lemot setelah mengupdate aplikasi yang ada namun pada dasarnya pihak vendor smartphone selalu akan mengatasi masalah tersebut. Untuk melakukan pengecekan dan pemberitahuan mengenai ada atau tidaknya update software, kita dapat melakukannya dengan langkah sebagai berikut :

  • Settings >> About >> System Update lalu pilih Check for Updates.

7. Kurangi Penggunaan Widget

  • Adakah diantara kita yang mengetahui apa fungsi dari widget di android yang kita miliki ? Sebenarnya untuk membuat tampilan ponsel android lebih menarik serta sebagai jalan pintas untuk memantau berbagai aplikasi tanpa harus membuka aplikasi terkait, kita memerlukan bantuan Widget. Akan tetapi penggunaan widget secara berlebih akan membuat RAM mengkonsumsi kapasitas yang besar sehingga masalah hp android menjadi lambat tidak dapat terhindarkan. Oleh karena itu jika kita ingin mempercepat kinerja RAM di ponsel android yang kita miliki tersebut alangkah baiknya jika kita mulai mencoba untuk mengurangi penggunaan Widget.

8. Hapus atau Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Salah satu kesalahan pengguna smartphone android yang sering dilakukan dan jarang kita sadari adalah terlalu sering mencoba beberapa aplikasi yang ada pada google play dan membiarkannya terpasang di hp android yang dimilikinya. Padahal tentu kita ketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang tersimpan pada perangkat hp android akan menambah kapasitas ruang penyimpanan yang pada akhirnya akan menambah beban sehingga ponsel bekerja lebih berat dan pada akhirnya menjadi lemot.

Maka dari itu untuk mengatasi hp android yang sekarang ini menjadi cepat panas dan kinerja yang melambat, kita perlu untuk lebih bijak dalam memasang aplikasi yang ada yang ada. Hapus aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan atau jika aplikasi tersebut tidak bisa dihapus karena bawaan dari hp android, sebaiknya kita hentikan / disable aplikasi tersebut dengan cara :
  • masuk Settings - Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable

9.  Kurangi atau Matikan Animasi Pada Hp Android


Perlu untuk kita ketahui bahwa salah satu pencuri RAM pada smartphone android yang jarang kita sadari adalah Animasi. Untuk itu, agar hp android tidak lemot langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan masuk ke menu Setting - Developer Options. Selain itu, untuk mengurangi ataupun mematikan animasi di hp android dapat kita lakukan juga melalui :

  • Masuk pada menu Settings - Developer Options
  • Setelah itu rubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian

10.  Bersihkan Cache Data Secara Rutin

Dengan adanya cache pada ponsel android, dapat mambantu kita untuk membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan supaya lebih cepat. Hal ini dikarenakan cache merupakan tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kita gunakan. Akan tetapi dibalik manfaatnya tersebut, jika kita membiarkan cache menumpuk maka akan mengakibatkan ponsel android menjadi lemot.

Oleh karena itu, cara yang dapat untuk mengatasi hp android yang lemot karena cache menumpuk adalah dengan melakukan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Masuk Settings - Apps - All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache
atau bisa juga dengan menggunakan cara di bawah ini :
  • Masuk pada menu Settings - Storage - Cached Data, dan pilih OK saat ada pop up

11. Bersihkan Cache Partition
Cara Mengatasi Hp Android Lemot


Tidak sama dengan cache data aplikasi, cache partition memiliki fungsi untuk menyimpan proses - proses yang dijalankan oleh sistem, sehingga akan membuat hp android yang kita miliki lebih cepat untuk dapat segera digunakan setelah mematikan atau melakukan Restart perangkat. Jadi jika kita merasa hp android masih lemot padahal aplikasi di dalamnya tidak banyak atau sudah sedikit karena sudah kita hapus maka menumpuknya cache partition dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Oleh karena itu supaya hp android tidak menjadi lemot dan memiliki kinerja yang cepat seperti hp baru maka kita perlu untuk menghapus cache partition sebulan sekali dengan cara sebagai berikut :
  • Masuk ke Recovery Mode setelah itu pilih Wipe Cache Partition

baca juga :

Selain menggunakan 11 cara mengatasi hp android yang lemot karena ram kecil di atas, kita perlu untuk mencoba beberapa langkah berikut untuk memperbaiki kinerja smartphone android yang mulai melambat dengan langkah - langkah lain seperti berikut ini :

  • Matikan Auto-Sync
  • Gunakan Launcher Lain
  • Gunakan Custom ROM
  • Lakukan Factory Reset

Demikian ulasan mengenai cara mempercepat hp android yang lemot pada pertemuan kita kali ini. Meskipun smartphone android yang kita miliki mempunyai kapasitas RAM yang tidak besar, dengan beberapa langkah diatas akan dapat membuat performa ponsel android yang kita miliki akan menjadi lebih maksimal. Sekian dan terima kasih ..

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.