Cara Mempercepat Hp Android Yang Lemot Dengan 7 Langkah Termudah


baca juga :

Hp android lemot - Bagaimana cara mempercepat hp android yang lemot ? Melambatnya performa suatu smartphone tentu akan membuat kita untuk mencari cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat meskipun kita gunakan untuk multitasking sekalipun. Seiring berjalannya waktu, hp android menjadi terasa lemot merupakan hal yang banyak dialami oleh pengguna perangkat android. Kinerja hp android yang melambat sering kali terjadi ketika ponsel android digunakan untuk bermain game maupun saat internetan hp android menjadi lemot.

Banyak sumber di internet yang menyarankan cara agar hp android tidak lemot saat internetan adalah dengan mengupdate semua aplikasi yang ada pada smartphone android yang kita miliki. Namun jika kita melakukannya pada ponsel android dengan kapasitas memori internal yang kecil maka hp android menjadi lemot dan cepat panas yang akan kita hadapi. Hal ini dikarenakan ukuran file aplikasi versi terbaru menjadi lebih besar dari versi sebelumnya sehingga kapasitas memori internal ponsel menjadi cepat penuh sehingga membuat kinerja ponsel android menjadi semakin lemot. Namun aplikasi agar android tidak lemot jika kita mengupdatenya hanya pada aplikasi yang kita butuhkan saja mungkin hal tersebut dapat kita hindari.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini kami TechnoEcho akan mencoba membahas penyebab hp android kurang responsif beserta solusi terbaik yang perlu untuk kita lakukan. Untuk memperbaiki kenerja hp android yang lemot memang bukan perkara yang mudah karena penyebab hp menjadi lemot terbilang cukup beragam. Namun dengan beberapa langkah sederhana yang jarang kita ketahui ini, kita dapat mengatasi ponsel android yang melambat / tidak merespon tersebut tanpa harus melakukan proses root. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara membuat hp android tidak lemot saat digunakan untuk multitasking di bawah ini.

Cara Mempercepat Hp Android Yang Lemot Dengan 7 Langkah Termudah

cara mempercepat hp android yang lemot

Tidak dipungkiri jika para pengguna smartphone android sering mengeluhkan lambatnya kinerja saat ponsel membuka sebuah aplikasi atau ketika perpindahan antar layar juga sangat lambat (multitasking). Disini kami akan mencoba memberikan beberapa langkah untuk mengatasi hp android yang lemot dan tidak ada salahnya untuk kita mencobanya sebelum hp android yang kita miliki menjadi hang pada layar sehingga membuat android menjadi restart sendiri.

Cara mengatasi hp android agar kinerja tidak lemot


1. Ketahui penyebab hp android lemot

Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan agar dapat mempercepat kinerja hp android yang kita miliki adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu penyebab hp android yang lemot tersebut. Beberapa masalah seperti terkena virus, memori internal yang kecil ataupun terdapat masalah pada sistem android itu sendiri yang dapat membuat performa smartphone menjadi melambat. Dengan mengetahui sumber penyebab kinerja ponsel android yang melambat kita dapat mengatasinya menggunakan cara yang tepat.

2. Memori internal penuh

Perlu untuk kita ketahui agar smartphone android dapat berkerja dengan cepat pada performa terbaiknya, mencegah agar memori internal tidak terlalu penuh adalah salah satu solusi terbaik. Perlu untuk kita ketahui sebuah smartphone memerlukan ruang untuk bernapas agar bisa menjalankan suatu proses dengan cepat. Oleh karena itu jika kinerja hp android mulai lemot kita perlu memeriksa berapa banyak ruang yang tersisa di pengaturan penyimpanan.
cara mempercepat hp android yang lemot


Akan tetapi jika hp android yang kita miliki tidak memiliki terlalu banyak ruang yang tersisa, maka kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :
  • Hapus Aplikasi Tak Terpakai
  • Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal
  • Bersihkan Data Cache dengan cara masuk ke Setting pada Android, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan

3. Kurangi widget

Perlu untuk kita ketahui bahwa semakin banyak widget yang terpasang pada layar home maka dapat membuat kinerja smartphone menjadi melambat. Hal ini dikarenakan kinerja RAM akan semakin besar karena semua widget yang ada akan berjalan bersamaan, terlebih lagi jika perangkat android yang kita miliki mempunyai kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu agar performa ponsel android menjadi cepat kembali, kita perlu untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan pada layar home widget android tersebut.

4. Tutup aplikasi dan bebaskan RAM
cara mempercepat hp android yang lemot

Tahukah anda bahwa membuka aplikasi secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya akan berdampak buruk pada kecepatan android yang kita miliki ? Memang tidak dapat dipungkiri bahwa multi tasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain namun ternyata tanpa kita sadari tidak menutup aplikasi sebelum kita membuka aplikasi baru ternyata dapat membuat hp android menjadi lemot. Oleh karena itu gunakanlah aplikasi semacam clean master untuk membebaskan lebih banyak RAM pada hp android yang kita miliki.

5. Kurangi animasi layar dan transisi

Memang berbagai animasi layar dan efek transisi pada suatu launcher dapat membuat smartphone yang kita miliki menjadi lebih menawan namun tahukah anda jika animasi layar dan efek pada launcher juga bisa mempengaruhi kinerja pada ponsel android android yang kita miliki tersebut ? Oleh karena itu untuk mempercepat kinerja hp android yang kita miliki, kita perlu untuk me-non aktifkan animasi layar dan efek pada launcher pada hp android tersebut dengan cara berikut :
cara mempercepat hp android yang lemot


  • Masuk ke pengaturan >> gulir ke bawah >> pilih about phone
  • Kemudian cari software information dan pilih nomor bentukan atau built number setelah itu tekan tujuh kali sampai kita melihat "Developer Options" telah diaktifkan
  • Kembali ke Pengaturan dan pilih opsi pengembang
  • Gulir ke bawah dan cari skala animasi jendela kemudian atur pada pilihan "Off"
  • Tekan skala durasi animator dan set ke "Off" juga

Perlu untuk kita ketahui bahwa skala animasi jendela merupakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memunculkan jendela "popup" pada android. Jika diatur ke "10x" misalnya, akan membutuhkan waktu yang lama untuk memunculkan jendela popup tersebut. Sedangkan untuk skala transisi animasi pada dasarnya menjadi suatu hal yang sama, tetapi untuk transisi suatu layar. Layaknya perpindahan antara satu aplikasi ke aplikasi lain, atau ketika meluncurkan sebuah aplikasi dari layar awal.

6. Restart perangkat android

  • Cukup dengan menahan tombol power
  • Pilih opsi Restart
  • Kemudian tekan OK untuk mengkonfirmasi

Hanya dengan restart, secara otomatis ponsel android yang kita miliki akan membersihkan cache yang tersimpan pada perangkat tersebut. Selain itu, hp android juga akan menghentikan tugas yang berjalan sehingga akan membuat performa ponsel android menjadi cepat kembali. Namun apabila kita menginginkan kondisi hp android yang tidak lemot seperti hp baru, factory reset adalah pilihannya.

baca juga :


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara memperbaiki aplikasi agar android tidak lemot tanpa root dengan mudah. Semoga langkah - langkah di atas dapat membantu kita yang sedang mengalami masalah pada kenerja hp android yang sekarang mulai melambat, tidak resposif ataupun lemot tidak seperti saat membeli dahulu. Sekian dan terima kasih ..

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.